Performance Instansi Pemerintah dapat Diukur dari Kualitas Informasi yang Disampaikan
22 Oktober 2020 | Dilihat 53 kali | Penulis Yongky . Redaktur Yongky
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Performance intansi pemerintahan dapat diukur dari kualitas informasi yang disampaikan. Hal itu diutarakan Asisten Administrasi Setda Lumajang, Nugroho Dwi Atmoko saat membuka Forum Peningkatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di Gedung Guru, Kamis (22/10/2020).

"Ini penting, performance sangat tergantung dari kualitas sumber informasi yang kita sampaikan," ujarnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, menjadi kewajiban badan publik untuk membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan badan publik tersebut kepada masyarakat luas. Namun Nugroho Dwi Atmoko mengingatkan agar PPID mampu mengolah dan menyaring informasi sebelum disampaikan ke publik.

"Di dunia keterbukaan informasi ini, semua informasi mudah kita dapat, PPID harus pintar memilah mana informasi, mana berita yang bisa kita tayangkan atau tidak, jangan sampai kita sebagai PPID termakan hoax, ada informasi ini disebarkan tanpa adanya check and recheck," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Publik, Bekti Sawiji melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 72 badan publik di lingkup Pemerintah Kabupaten Lumajang. Pasca kegiatan ini, diharapkan badan publik dapat memberikan pelayanan yang prima, khususnya dalam memberikan informasi yang berkualitas.

"Saya harapkan peserta dapat menyerap segala materi yang disampaikan dengan baik, utamanya dalam hal ini tentang pengelolaan PPID," harapnya. (Kominfo-lmj/ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan