RS Jember Klinik Bersinergi Dengan UTD PMI Lumajang Untuk Menyediakan Stok Vaksin Covid-19
27 Oktober 2020 | Dilihat 368 kali | Penulis Bobby . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengunjungi Kantor Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Lumajang guna meninjau langsung mantan pasien terconfirm covid-19 yang mendonorkan plasma darahnya, untuk bisa dijadikan vaksin bagi penderita covid-19.

"Hari ini saya mendapatkan kabar dari dr. Burhan bahwa beliau datang ke PMI Lumajang membawa mantan pasien covid-19 yang akan mendonorkan plasmanya," ungkapnya saat berkunjung ke Kantor UTD PMI Lumajang, Selasa (27/10/20).

Di kesempatan itu, Bunda Indah merasa bangga atas sinergitas yang terjalin antara Rumah Sakit Jember Klinik dengan UTD PMI. Dirinya menilai dengan kerjasama itu akan sangat membantu untuk mengurangi atau menyembuhkan pasien yang sudah terpapar covid-19 karena adanya vaksin tersebut, sehingga Kabupaten Lumajang dan daerah lainnya akan segera terbebas dari virus Corona.

"Yang lebih membahagiakan lagi, dr. Burhan akan terus menghubungi para pasien terconfirm covid-19 yang sudah sembuh, yang kemudian akan dibawa ke PMI Lumajang untuk didonorkan plasmanya," ujarnya.

Wabup berharap nantinya banyak para pendonor plasma darah, kemudian menghasilkan banyak vaksin yang mampu melawan Covid-19 dan menyembuhkan pasien yang telah dinyatakan positif Covid-19.

Di sisi lain, Dirut Rumah Sakit Jember klinik, Agus Burhan Syah menjelaskan terdapat sejumlah prosedur yang harus dijalani bagi para pendonor plasma ini, di antaranya: pendonor harus pernah dinyatakan positif Covid-19 dan sembuh, serta kadar antibodi Covid-19 harus mencukupi untuk dapat didonorkan dan beberapa syarat kesehatan lainnya. Ia mengaskan jika pendonor sudah memenuhi hal tersebut, maka proses donor plasma darah bisa dilakukan.

"Pendonor yang kita kirimkan ini adalah yang sudah cocok dan yang bisa diambil plasmanya sesuai dengan kriteria begitu ketat di PMI," jelasnya.

dr. Burhan juga mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjadi kontributor plasma yang bisa dipergunakan untuk dijadikan vaksin atau pengobatan bagi pasien Covid-19.

Sementara, Direktur RSUD dr. Haryoto Lumajang, Halimi Maksum yang sekaligus menjadi Kepala UTD PMI Lumajang mengucapkan terimakasih kepada RS Jember Klinik yang telah berinisiasi dalam memberikan kesempatan bagi mantan pasien Covid-19 untuk mendonorkan plasma.

"Alhamdulillah kami bekerjasama dengan RS Jember Klinik dan jaringannya, hal ini menjadi suport bagi RSUD Dr Haryoto Kabupaten Lumajang," ujarnya.

Ia juga berharap kepada para pasien Covid-19 yang benar-benar dinyatakan sembuh, bisa datang ke UTD PMI Lumajang untuk bersedia menjadi pendonor plasma dan tentunya dengan syarat serta ketentuan yang berlaku, seperti screening kesehatan, cek kondisi tubuh dan segala persyaratan lainnya.(Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan