Masa Pandemi Covid-19 Masyarakat Harus Bisa Memanfaatkan Lahan Pekarangan
05 November 2020 | Dilihat 268 kali | Penulis Dika . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Melalui program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2020, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat dalam pengembangan unggas lokal, bertempat di Pendopo Kantor Kepala Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Rabu (4/11/2020).

Kegiatan itu merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah agar masyarakat di masa pandemi Covid-19 bisa memperoleh keterampilan dalam pengembangan unggas lokal.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Hertutik menyampaikan, kegiatan pelatihan pengembangan unggas lokal dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian desa, sehingga harapannya kedepan masyarakat akan bisa memenuhi kebutuhannya secara mandiri.

Selain itu, ia meminta dalam masa pandemi Covid-19 masyarakat harus bisa memanfaatkan lahan pekarangan. Dengan begitu, maka harapannya konsumsi di masyarakat nantinya akan beragam, bergizi, seimbang dan aman.

"Masyarakat yang mempunyai lahan harus bisa lebih produktif sehingga hasil pekarangannya dapat diolah menjadi sebuah nilai ekonomis, sehingga harapannya pendapatan masyarakat akan bertambah," ujarnya.

Selanjutnya, ia berpesan agar semua desa harus menggerakkan Pawon Urip, karena dengan adanya Pawon Urip diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan di lingkungan masing-masing.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis bantuan berupa kandang ayam, ayam 50 ekor, serta pakan, obat-obatan dan alat ternak ayam. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan