Dbox Crispy, Kripik Pelepah Pisang yang dilirik Putra Presiden RI
08 November 2020 | Dilihat 338 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Potensi Buah Pisang di Kabupaten Lumajang memang sudah dikenal sejak lama, itu juga yang menjadikan Kabupaten Lumajang berjuluk Kota Pisang. Berbagai produk hasil olahan pisang mudah ditemukan di pusat oleh-oleh yang ada, baik di tengah maupun di pinggiran kota.

Namun, apakah terbayang jika gedebog atau pelepah pisang bisa menjadi makanan yang enak? Di tangan Toyibatur Rochma, warga Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian, semua bagian dari pohon pisang bisa diolah menjadi makanan, termasuk gedebog. Dengan berbekal informasi dari internet dan beberapa kali percobaan, Toyibatur berhasil membuat makanan dengan bahan dasar gedebog.

Awalnya, Toyibatur melihat banyak batang pohon pisang yang terbuang. Dirinya merasa eman (sayang, -red) sehingga tertantang untuk mengolahnya menjadi sebuah makanan. Dirinya beberapa kali melakukan eksperimen dan beberapa kali gagal, namun berkat informasi yang diperoleh dari buku dan internet akhirnya berhasil memperoleh resep yang pas.

"Saya merasa tertantang untuk bagaimana mengolah itu juga menjadi makanan, saya baca kandungan dari batang pisang itu banyak serat dan antioksidan, sehingga saya berpikir untuk mengolahnya," terangnya.

Keripik gedebog yang diberi nama Dbox Crispy itu, sekarang sudah mulai dikenalkan kepada masyarakat luas. Bahkan, Kaesang Pangarep putra Presiden Joko Widodo yang memiliki usaha olahan pisang juga ikut melirik keripik gedebog tersebut.

Berkat kegigihan Toyibatur, sekarang gedebog yang semula tidak memiliki nilai ekonomis, berhasil mencuri perhatian seluruh kalangan masyarakat. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan