Wabup: Padat Karya Diharapkan dapat Menghidupkan Kembali Budaya Gotong Royong
12 November 2020 | Dilihat 715 kali | Penulis Dika . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menghadiri kegiatan Sosialisasi Padat Karya Normalisasi Saluran Air, bertempat di Dusun Bondeli Kidul Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Kamis (12/11/2020).

Program padat karya dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Lumajang melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2020.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Lumajang menyampaikan, pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek, khususnya penurunan ekonomi di masyarakat. Jadi, program padat karya tersebut merupakan salah satu program pemerintah dalam memberikan pekerjaan sementara atau pemberdayaan masyarakat.

"Padat karya ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat, karena nantinya akan dilaksanakan selama sepuluh hari, dengan jumlah pekerja sebanyak seratus orang," ujarnya.

Ia menambahkan, padat karya tersebut nantinya akan dilakukan normalisasi saluran air oleh warga Desa Sumberwuluh. Dengan begitu, maka padat karya tidak hanya sekedar memberikan pekerjaan kepada masyarakat yang ada di desa, akan tetapi dapat menghidupkan kembali budaya gotong royong di masyarakat.

"Ini sebenarnya masyarakat kerja bakti untuk menormalisasi saluran air agar tidak mampet. Padat karya ini dilakukan masyarakat mulai jam tujuh pagi sampai kurang lebih setengah dua belas siang dan pekerja dibayar Rp 60.000," jelasnya.

Wabup berharap, mudah-mudahan dengan adanya padat karya selain masyarakat melakukan kerja bakti juga dapat membantu ekonomi masyarakat. "Saya harap setelah program padat karya ini selesai masyarakat akan tetap menjaga lingkungan. Mudah-mudahan ini semua dapat bermanfaat buat masyarakat, khususnya masyarakat Desa Sumberwuluh," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan