KIM dan KSM Desa Sumberwuluh Bersihkan Sampah di Areal Obyek Wisata Gladak Perak Lumajang
25 Januari 2021 | Dilihat 151 kali | Penulis Samsul . Redaktur Anam

Sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tawang Segoro dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bina Lestari Desa Sumberwuluh melakukan kegiatan bersih sampah di areal Gladak Perak Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Minggu (24/1/2021).

Saat kegiatan tersebut, Koordinator Kegiatan Bersih Sampah Saiful mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat, terkait banyaknya sampah di areal Gladak Perak.

“Selama ini, banyak masyarakat yang mengeluhkan bahwa banyak penumpukan sampah di areal Gladak Perak. Untuk itu, kita merespon keluhan masyarakat itu dengan melakukan bersih sampah bersama-sama,” kata dia.

Menurutnya, Gladak Perak merupakan salah satu ikon Kabupaten Lumajang yang berada di wilayah selatan, tepatnya di Desa Sumberwuluh, bahkan setiap harinya banyak masyarakat yang singgah untuk hanya sekedar selfie atau berhenti beristirahat makan dan minum kopi di warung.

Namun, dibalik eksotisme pemandangannya, saat ini begitu banyak sampah berserakan yang dibuang oleh oknum tidak bertanggungjawab, sehingga sangat mengganggu kenyamanan masyarakat, pemandangan tersebut terlihat disisi sebelah utara dan selatan jembatan sehingga tak sedap dipandang mata.

Selain itu, dikatakan Saiful, bahwa usai melakukan bersih sampah, pihaknya ke depan akan memasang banner larangan agar masyarakat dan pemilik warung tidak membuang sampah sembarangan di sekitar Gladak Perak.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sumberwuluh Samsul Arifin menerangkan, bahwa pemerintah desa telah sering mengimbau dan mengingatkan, baik masyarakat terutama pemilik warung agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami sudah sering mengimbau kepada pemilik warung agar membuat tempat pembuangan sampah sendiri disekitar warung mereka, agar Gladhak Perak terlihat bersih, kadang – kadang kami sampai jengkel karena sudah sering diingatkan tapi tidak pernah didengarkan oleh mereka,” terang dia. (Kominfo-lmj/KIMTawangSegoro/Samsul/Hanifah)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan