Bupati: Pemkab, TNI dan Polri Lakukan Sinkronisasi, Pemetaan Serta Antisipasi Persoalan Di Kabupaten Lumajang
26 Januari 2021 | Dilihat 180 kali | Penulis Bobby Wijayanto . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Di awal Tahun 2021, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, berkeinginan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Lumajang, TNI dan Polri, untuk melakukan sinkronisasi, pemetaan serta mengantisipasi seluruh persoalan yang terjadi di Wilayah Kabupaten Lumajang.

Hal itu diungkapkan Bupati Lumajang saat memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi Peningkatan Stabilitas Keamanan, Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, dengan Penguatan Satgas Keamanan Desa (SKD) se-Kabupaten Lumajang, bertempat di Aula BKD Lumajang, Selasa (26/01/21).

Dalam acara rakor tersebut, Ia juga menginginkan kepada camat, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek)  beserta Komandan Rayon Militer  (Danramil) di setiap kecamatan untuk terus menjalin komunikasi yang baik dan selalu meningkatkan sinergitas. Ini bertujuan agar dalam melakukan pemetaan bisa detail serta  problematika di wilayahnya dapat terselesaikan dengan cepat.

"Semua jajaran Forum Pimpinan Tingkat Kecamatan, sinergitas yang dibangun harus betul-betul lahir batin," ujarnya.

Selanjutnya, dalam menyikapi penanggulangan penyebaran Covid-19, Bupati Lumajang mengungkapkan bahwa harus ada percepatan antisipasi dalam penanganannya, sehingga Kabupaten Lumajang segera masuk pada zona aman Covid-19.

"Persoalan-persoalan kecil yang kemungkinan terjadi mulai dipetakan antisipasinya, stand by itu yang penting," ungkapnya.

Bupati Lumajang menambahkan bahwa dirinya bersama TNI-Polri akan melakukan pemetaan terhadap progres SKD dan melaksanakan patroli secara langsung di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Lumajang.

Di sisi lain, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, Kapolres Lumajang berharap kepada Forkopimda Lumajang terus solid dan menjalin sinergitas dengan baik, sehingga dalam menyelesaikan seluruh persoalan terkait kriminalitas serta penanganan Covid-19 bisa diselesaikan secara tuntas.

"Harapan-harapan kami khususnya tiga pilar, ke depannya harus bisa kerjasama dan berkoordinasi," harapnya.

Letkol Inf. Andi Andriyanti Wibowo, Dandim 0821 Lumajang menyampaikan, pihaknya mengapresiasi kepada seluruh jajaran Pemkab Lumajang dan Polri yang telah melakukan kerjasama dengan baik dan saling mendukung untuk mensejahterakan serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

"Kita berkomitmen satu suara, satu tugas dan itu sudah kita buktikan apa yang kita capai selama ini wujud dari kebersamaan kita bersama," ungkapnya

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lumajang, Matali Bilogo dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud kegiatan Rakor ini, untuk meningkatkan ketertiban umum di Wilayah Kabupaten Lumajang,  melalui kerjasama dengan TNI-Polri serta penguatan peran serta SKD se-Kabupaten Lumajang.

"Rapat koordinasi ini bertujuan agar hasil Rakor ini ditindaklanjuti dengan kegiatan di lapangan dan merencanakan kegiatan pada Tahun 2021 serta mengaktifkan kembali peran SKD di seluruh desa di Kabupaten Lumajang," Jelasnya. (Kominfo-lmj/bob)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan