Akses Jalan Usaha Tani Dibenahi untuk Tingkatkan Produksi Pertanian Desa Keraton
27 Januari 2021 | Dilihat 424 kali | Penulis Anang . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sebagai upaya meningkatkan hasil produksi pertanian, Pemerintah Desa dan Kelompok Tani Desa Keraton melakukan kegiatan Penataan Kembali Akses Jalan Usaha Tani (JUT), di lahan pertanian Kelompok Tani (Poktan) Ngudi Tani dan Tani Utomo, di Desa Keraton Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Rabu (27/1/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Kraton Didik Purwandono menyampaikan, bahwa peningkatan hasil produksi pertanian bertujuan untuk mendukung suksesnya program Ketahanan Pangan Nasional perlu ditunjang dengan sarana transportasi, khususnya akses jalan yang baik dan memadai, sehingga petani tidak kesulitan dalam melaksanakan distribusi pupuk dan pengangkutan hasil panen.

“Saya harap nanti dengan selesainya JUT ini, dapat mendukung kelancaran usaha yang dilakukan petani dalam meningkatkan hasil panen, sehingga tujuan Program Ketahanan Pangan Nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Ngudi Tani Desa Keraton Shobihi mengungkapkan, bahwa saat bermusyawarah, pihaknya sepakat untuk membenahi akses jalan usaha tani, karena yang sering menjadi hambatan petani ketika musim penghujan akses jalannya menjadi rusak.

Oleh karena itu, dirinya bersama anggota kelompok tani berinisiatif untuk membenahi akses jalan usaha tani secara gotong royong, dengan menata timbunan batu kapur agar jalannya menjadi padat dan mudah dilewati petani saat distribusi pupuk maupun pengangkutan hasil panen.

“Syukur alhamdulilah, kegiatan ini sukses dan antusias para petani juga tinggi, dan merekajuga bersemangat kerja keras untuk menata akses jalan yang berlumpur jalur dam pak sumbru keselatan menjadi padat dan dapat dilalui,” pungkasnya. (Kominfo-lmj/KIMDesaKeraton/Anang)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan