Jaga Kebersihan Lingkungan, Warga di Kawasan Eks Lokalisasi Lakukan Kerja Bakti
27 Januari 2021 | Dilihat 406 kali | Penulis Dhika . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Aparatur di Lingkungan Kecamatan Sumbersuko bersama warga melaksanakan kerja bakti membersihkan jalan dan saluran dranaise yang ada di Wilayah RT 3 dan RT 4 Dusun Suko II Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Rabu (27/1/2021).

Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah, rumput dan pohon yang sudah rimbun.

Seperti halnya yang diutarakan oleh Camat Sumbersuko, Misjoko, bahwasannya kegiatan kerja bakti yang dilakukan aparatur di Lingkungan Kecamatan Sumbersuko dan warga tersebut guna mendorong tata kelola kemasyarakatan agar warga maupun lembaga-lembaga yang ada di desa untuk sama-sama ikut memelihara kebersihan lingkungannya.

"Kegiatan kerja bakti bersama yang dilakukan di Dusun Suko II Desa Sumbersuko salah satunya dalam rangka mengekspektasikan kebersihan sebagian dari iman," ujarnya.

Dusun Suko II Desa Sumbersuko merupakan salah satu wilayah yang bagi masyarakat Lumajang sudah tidak asing lagi, karena wilayah tersebut merupakan kawasan eks lokalisasi yang berada di belakang Gudang Bulog Sumbersuko.

Ditambahkan, Misjoko menjelaskan ada Program Kegiatan Kampung Anggur di eks lokalisasi yang digagas oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang untuk dijadikan pilot project.

Kepanjangan kata "Anggur" itu sendiri adalah Anggun Giat, Unggul, dan Responsif.

"Program Kegiatan Kampung Anggur yang digagas oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, dalam rangka untuk menghilangkan stigma bahwa kawasan ini ada asumsi untuk kegiatan yang dilarang oleh masyarakat," tambahnya.

Selanjutnya, Ia berharap kegiatan kerja bakti tersebut dapat mendorong kebersamaan antar warga, khususnya warga di RT 3 dan RT 4 untuk bisa mengalihkan profesinya agar ada alih fungsi dari yang awalnya kurang positif menjadi kegiatan yang positif.

Sementara itu, Pj. Kepala Desa Sumbersuko, Saiful mengatakan, kegiatan kerja bakti bertujuan untuk membersihkan lingkungan agar selalu asri dan nyaman bagi warga. Selain itu kegiatan ini adalah untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya warga Dusun Suko II Desa Sumbersuko. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan