Gunung Semeru Kembali Keluarkan Awan Panas Guguran
02 Februari 2021 | Dilihat 174 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Aktivitas Gunung Semeru kembali mengalami peningkatan aktivitas. Terpantau pada pukul 06.35 WIB, Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru dilaporkan terjadi oleh Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, Selasa (02/02/2021).

"Jam 6.35 informasi dari pos pantau, Semeru mengalami Awan Panas Guguran, berjarak 4-5 km," ungkap Bupati di hadapan awak media.

Bupati menerima laporan bahwa masyarakat Desa Supiturang sempat panik akibat peningkatan aktivitas Gunung Semeru tersebut. Namun bupati memastikan bahwa kondisi Gunung Semeru masih aman.

"Saat ini terpantau kondisinya masih aman, masyarakat yang beraktifitas di ladang tadi juga langsung kembali ke rumah menyelamatkan diri," ujar Bupati Lumajang.

Bupati menjelaskan bahwa APG mengarah ke utara. Diperkirakan masyarakat di Kecamatan Pasrujambe, Senduro dan Gucialit akan mengalami hujan abu vulkanik.

Saat ini Bupati Lumajang bersama jajaran Forkopimda terus memantau dan mengintruksikan jajarannya agar siap siaga terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

"Memantau perkembangan kemungkinan yang terjadi, termasuk memberikan perintah kesiapsiagaan kepada BPBD, Tagana dan semua yang terlibat dalam relawan bencana, teman - teman dari TNI-Polri juga standby," jelasnya. (Kominfo-lmj/ Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan