Gorong-gorong Tidak Mampu Atasi Banjir Di Darungan, Yosowilangun
05 Februari 2021 | Dilihat 153 kali | Penulis Fadli . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

 

Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah daerah di Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang terendam banjir, yang paling parah terjadi di Desa Darungan.

Dari informasi yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Lumajang, banjir tersebut disebabkan meluapnya aliran sungai yang tidak mampu menampung air hujan. Genangan air diperkirakan mencapai 40-80 cm di atas permukaan tanah.

"Tim BPBD Kabupaten Lumajang, hari ini sudah melakukan pengecekan lokasi di Dusun Krajan, Desa Darungan. Ini disebabkan hujan intensitas ringan dan terkadang deras mulai kemarin," jelas Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, saat dikonfirmasi. Jum'at (5/2/2021).

Beberapa rumah di wilayah tersebut tergenang air hingga 20 cm. Diperkirakan ada 40 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya tergenang air hingga di atas lutut orang dewasa. Tidak hanya rumah, hewan ternak dan puluhan hektare sawah yang ditanami padi, jagung, kacang, tomat dan lombok turut terkena dampak banjir tersebut.

Saat ini, Tim BPBD Kabupaten Lumajang masih melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa dan Aparat setempat serta melakukan pendataan terkait kerugian dan kebutuhan masyarakat.

Dijelaskan Wawan, lokasi tersebut memang sudah menjadi langganan banjir saat itensitas hujan tinggi dan berkelanjutan. Meskipun sudah ada saluran air yang mengarah ke muara laut selatan, namun belum mampu untuk menampung dan membuang genangan air tersebut. Tidak ada korban jiwa dan masyarakat mengungsi pada kejadian kali ini. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan