Lumajang Diprioritaskan Jadi Pilot Project Pengembangan Perhutanan Sosial
10 Februari 2021 | Dilihat 186 kali | Penulis Ardhi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diprioritaskan menjadi salah satu lokasi pilot project sebagai model pengembangan perhutanan sosial.

Hal tersebut, disampaikan oleh Asisten Deputi Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Sugeng saat dimintai keterangan saat survey lokasi bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Ranupani, Kecamatan Senduro, Rabu (10/2/2012).

"Ini merupakan hasil dari rakor di tingkat kementerian yang dipimpin oleh pak Luhut (Menko Marves), diputuskan memang Lumajang telah diprioritaskan menjadi salah satu lokasi pilot project pengembangan hutan sosial," jelasnya.

Ia juga mengatakan, bahwa pihaknya masih menyusun masterplan untuk rencana operasi dan rencana aksi pengembangan perhutanan sosial yang berada di Kabupaten Lumajang.

Selain program pengembangan perhutanan sosial, nantinya juga ada beberapa sub program lain, seperti agrowisata, agroindustri dan lain sebagainya.

"Temen-temen di Lumajang nantinya menjadi Project Manajemen Unit (PMU) untuk mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatannya, leading sector di Lumajang nantinya ada di temen-temen LHK dan kami Kemenko Marves akan memimpin koordinasi di tingkat nasional," terangnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mangatakan bahwa kunjungan tersebut, merupakan rangkaian dari perencanaan program pengembangan perhutanan sosial.

"Intinya bahwa perencanaan untuk program perhutanan sosial, Lumajang telah diprioritaskan menjadi pilot projectnya," pungkasnya. (Kominfo-lmj/ard)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan