Minggu, Mengintip Aktivitas Goweser Di Kabupaten Lumajang
14 Februari 2021 | Dilihat 143 kali | Penulis Fadli . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Olahraga bersepeda saat ini memang sedang diminati oleh hampir semua lapisan masyarakat. Setiap Hari Minggu, seluruh jalanan di perkotaan selalu dipenuhi aktivitas pesepeda atau yang lebih trend disebut goweser.

Ada yang bersepeda bersama keluarga, ada yang memilih sendiri, ada juga yang memilih berkelompok. Namun tujuannya sama, berolahraga untuk tubuh yang sehat.

Zaenal Abidin, atau yang akrab disapa Bang Zen misalnya, pria yang aktif disejumlah club sepeda itu, setiap weekend menyempatkan diri untuk bersepeda bersama rekan satu clubnya. Menurutnya, bersepeda bukan hanya sekedar olahraga, melainkan aktivitas untuk merefresh kembali pikiran dari rutinitas harian.

"Seperti hari ini, saya bersama teman-teman dari beberapa club Gowes Bareng ke Watu Lapis, Pasrujambe. Selain untuk berolahraga juga untuk refreshing, dan menyambung silaturahim," terangnya, Minggu (14/2/2021).

Minat masyarakat terhadap olahraga bersepeda juga mendatangkan banyak manfaat bagi pelaku wisata. Tidak jarang, para goweser itu bersepeda ke tempat-tempat wisata. Selain meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar objek wisata, pun dirasa mampu untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Lumajang melalui foto atau video yang diupload di media sosial.

Antusiasme para goweser di Kabupaten Lumajang nampaknya sudah diakomodir oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui acara tahunan Gowes 50K yang diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi Lumajang (Harjalu). Tidak salah kalaupun Kabupaten Lumajang pernah dicanangkan oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq sebagai Kota Republik Sepeda pada Tahun 2019 lalu di acara Gowes 50K Harjalu ke 764. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan