Pawon Urip Penggerak masyarakat untuk Gotong Royong di Masa Pandemi
13 November 2020 | Dilihat 139 kali | Penulis Bobby . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarina Thoriq mengungkapkan bahwa Program Pawon Urip menjadi penggerak atau sebagai gagasan untuk meningkatkan rasa gotong royong pada masyarakat.

"Di masa pandemi ini, Pawon Urip mampu mengajak kepekaan masyarakat untuk bergotong-royong," ungkapnya saat menghadiri acara penyambutan dewan juri lomba Pawon Urip Tingkat Kabupaten Lumajang di Balai Desa Bago Kecamatan Pasirian, Kamis (12/11/20) siang.

Ny. Musfarina menerangkan bahwa gotong-royong adalah bentuk kerja sama kelompok masyarakat untuk mencapai suatu hasil yang positif dari tujuan yang ingin dicapai secara mufakat dan musyawarah bersama. Dirinya menganggap gotong royong muncul atas dorongan kesadaran dan semangat untuk mengerjakan suatu karya secara bersama-sama agar tercapai kesejahteran masyarakat.

Lebih lanjut, Ketua TP PKK Lumajang mengaku bangga atas antusias masyarakat terhadap Pawon Urip, sebab di tengah pandemi Covid-19, hampir semua Desa di setiap Kecamatan Se-Kabupaten Lumajang bergerak bersama untuk menjalankan program tersebut serta menikmati hasilnya bersama-sama.

"Jadi Pawon Urip ini berbasis masyarakat yang inisiasinya bersama masyarakat, pengelolaannya bersama masyarakat dan hasilnya dirasakan untuk masyarakat," ujarnya.

Selain meningkatkan rasa gotong-royong pada masyarakat, Ia menambahkan bahwa misi Pawon Urip untuk memberikan ketahanan serta gizi keluarga tetap terjaga.

Sementara, Sekertaris Desa Bago, Ahmad fauzi menyampaikan bahwa Desa Bago menjadi desa terbaik terkait Pawon Urip di Kecamatan Pasirian.

Dirinya juga menjelaskan, untuk mencapai keberhasilan Program Pawon Urip di Desa Bago ini, sudah melalui proses kerja sama dan kebersamaan berbagai pihak untuk menjalankan program itu, sehingga tercetus insiasi Pawon Urip "Pemanfaatan Lahan Pekarangan Bago Guyub Sejahtera (Paman Bagus)".

"Di sini warganya kompak, bersinergi juga, sehingga tercipta Pawon Urip - Pawon Bagus, dan itu semua hasil dari warga Desa Bago," jelasnya. (kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan