Disperindag Jatim Gelar Bimtek bagi Pengusaha Kecil di Lumajang
28 November 2020 | Dilihat 213 kali | Penulis Bobby . Redaktur Yongky
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Guna meningkatkan kualitas produk bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Lumajang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang, menggelar Bimtek Wirausaha Baru Pembuatan Sabun Berbahan Dasar Susu Kambing Etawa di Kabupaten Lumajang, bertempat di Goatzilla Farm dan cafe, Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro, Kamis (26/11/2020).

Ari Setiawan, Kasi Bina Usaha Industri Agro dan Hasil Hutan, Dinas Perdagangan Lumajang menjelaskan bahwa kegiatan bimtek tersebut, dilaksanakan selama 3 hari, yakni dimulai Tanggal 25 - 27 November 2020 dengan mengutamakan produk olahan dari susu kambing.

"Hari pertama pada Tanggal 25 November acara pembukaan bertempat di Hotel Gajah Mada, kemudian di Tanggal 26 dan 27 melaksanakan kegiatan prkatek pembuatan sabun dari susu Kambing Etawa, serta cara pembuatan kemasan produknya agar menarik, yang bertempat di Goatzilla Farm dan cafe Senduro," jelasnya.

Selain meningkatkan mutu produk bagi para pengusaha kecil di Lumajang, Ari berharap dengan adanya bimtek itu, bisa memberikan wawasan bagi para peserta agar produk yang dibuat tersebut banyak diminati oleh masyarakat luas.

"Dengan adanya pelatihan pengusaha baru pembuatan sabun dari susu kambing ini diharapkan bisa meningkatkan eksistensi pasarnya lebih luas lagi," harapnya.

Sementara itu, Oliva Iswandi, Koordinator Pelaksana Acara Bimtek tersebut menjelaskan bahwa kegiatan yang diikuti oleh IKM/UMKM di Lumajang ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan melakukan praktek secara langsung, cara membuat produk olahan berbahan dasar susu kambing.

"Di kegiatan ini, bahwa olahan dari susu kambing Senduro itu banyak sekali bisa dimanfaatkan, namun khusus pada kegiatan hari ini, susu kambing dijadikan sabun,"jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Ia berharap, semua peserta mendapatkan pengalaman dan ilmu terkait cara membuat produk olahan dari susu kambing, sehingga nantinya mendapatkan manfaat yang baik serta memberikan nilai ekonomi tersendiri. (kominfo-lmj/Bob).

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan