Hari ini, DIPA dan TKDD Lumajang Resmi Diterima Bupati
30 November 2020 | Dilihat 131 kali | Penulis Yongky . Redaktur Yongky
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021 dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indah Parawansah di Grand City Convention and Exhibition, Senin (30/11/2020).

DIPA dan TKDD merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan bagi seluruh pimpinan, para pimpinan lembaga dan kepala daerah dalam melaksanakan program pembangunan pemerintah dalam rangka mewujudkan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden RI, yaitu Indonesia Maju.

Dalam sambutannya, Gubernur menjelaskan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa fokus APBN pada Tahun 2021 di bidang kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural. Ia menekankan bahwa prioritas utama yakni kesehatan dan ekonomi diharapkan segera pulih.

“Seluruh kebijakan dan program yang digulirkan Pemprov Jatim akan terus diselaraskan dengan program kebijakan pemerintah pusat,” ujarnya.

APBN sebagai instrumen utama dan sangat penting dalam mengahadapi dampak pandemi Covid-19 memberikan perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi. Keberhasilan dalam mengendalikan pandemi akan menjadi faktor penting dalam menentukan akselerasi pemulihan ekonomi pada Tahun 2021.

Oleh karenanya efektivitas APBN dalam mengurangi dampak negatif pandemi sangat tergantung pada pelaksanaannya yang tepat sasaran, tepat waktu dan tepat kualitas.

Gubernur juga menekankan bahwa kecepatan, ketepatan, akurasi harus tetap menjadi karakter dalam kebijakan pemerintah daerah baik di bidang kesehatan maupun di bidang ekonomi. (Kominfo-lmj/ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan