Pesawat Selokambang telah Direstorasi, Masyarakat diminta untuk Ikut Menjaga
01 Desember 2020 | Dilihat 192 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Masyarakat Lumajang pasti tidak asing dengan Pesawat MIG 1109 buatan Rusia yang menjadi salah satu ikon dari Pemandian Alam Selokambang. Baru-baru ini, pesawat tersebut telah selesai direstorasi oleh Skuadron Teknik 022 Lanud Abdurahman Saleh Malang.

Saat dikonfirmasi, Yudi Prasetyo Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang mengatakan restorasi tersebut merupakan kegiatan perawatan sarana dan prasarana. Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang telah melakukan koordinasi dengan Lanud Abdurhaman Saleh Malang untuk pengerjaan restorasi pesawat.

Yudi menjelaskan, pengerjaan restorasi pesawat dilakukan oleh tenaga ahli teknisi dari jajaran TNI AU.

Dirinya berharap dengan bentuk asli dari Pesawat MIG 1109 yang telah lama parkir di lokasi Pemandian Alam Selokambang dapat membangkitkan kenangan masa lalu.

"Pesawat ini kan sifatnya monumen, mengandung sejarah, makanya kita rawat, kalau pesawatnya bagus otomatis akan menarik pengunjung, khususnya yang ingin bernostalgia, dulu yang sering ke Selokambang pesawatnya masih bagus," terangnya. Selasa (1/12/2020).

Dirinya berpesan kepada masyarakat, khususnya pengunjung pemandian alam Selokambang untuk turut menjaga sarana dan prasarana milik negara tersebut.

"Kami minta masyarakat untuk turut menjaga aset negara, apalagi itu termasuk yang bersejarah," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan