Optimalkan Peran KIM untuk Membangun Lumajang, Dinas Kominfo Gelar Pembinaan KIM
10 Desember 2020 | Dilihat 131 kali | Penulis Bobby . Redaktur Yongky
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Guna mengoptimalkan peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam membangun Kabupaten Lumajang lebih berkembang dan maju, Pemerintah Kabupaten Lumajang Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Lumajang, menggelar kegiatan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Lumajang, bertempat di Aula Rumah Makan Istana Kuliner, Kamis (10/12/2020).

Dalam Kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfo Lumajang, Yoga Pratomo saat membuka kegiatan Pembinaan KIM mengungkapkan bahwa dalam menyampaikan sebuah informasi atau berita yang baik dan benar merupakan hal penting yang harus dilaksanakan oleh anggota KIM. Oleh sebab itu dirinya berharap agar dalam merilis berita harus valid serta dalam mengirim ulang sebuah informasi juga harus mengklarifakasi kepada sumber beritanya terlebih dahulu.

"Berita-berita positiflah yang harus kita sampaikan kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi kepanikan pada media dan masyarakat," harapnya.

lebih lanjut, Yoga Pratomo mengucapkan terimakasih kepada anggota KIM yang telah rutin membuat dan menyebarkan berita terkait perkembangan di desa. Ia juga mengajak kepada semua anggota KIM untuk meningkatkan dalam melaksanakan sebar serap informasi dan memunculkan atau memberitakan potensi yang ada di setiap desa.

"Ayo bantu Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk menggelorakan hal yang positif dari Lumajang, karena anggota KIM adalah orang pertama yang tau seluk beluk dan potensi yang ada di desa,"ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Lumajang, Bekti Sawiji dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan diadakannya pembinaan KIM adalah untuk memberikan edukasi terkait cara membuat atau mengolah informasi untuk dijadikan sebuah berita yang baik dan benar serta sebagai ajang saling mengenalkan antar anggota KIM, khususnya anggota yang baru.

"Mengenalkan suasana KIM kepada anggota KIM yang baru, mengenalkan karakter kerja KIM terutama dalam menjalankan tugasnya," jelasnya.

Bekti Sawiji menerangkan, tugas-tugas KIM adalah selalu menghendaki kesiapan dalam melakukan sebar dan serap informasi, salah satunya yakni membuat berita yang terjadi di wilayah masing-masing KIM. dirinya berharap melalui kegiatan pembinaan ini, anggota KIM bisa menguasai dan paham dalam membuat sebuah berita yang akan disampaikan pada khalayak.

"Oleh karena itu, kepada anggota KIM yang baru perlu diadakan pembinaan agar mereka tahu mengenal apa itu KIM dan bagaimana tugas-tugasnya," terangnya. (kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan