Cafe Black Semeru, Tawarkan Menu dan Suasana Sejuk Lereng Semeru
10 Desember 2020 | Dilihat 154 kali | Penulis Fadly . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Menikmati kopi, tidak hanya nikmat saat kita berada di cafe kawasan perkotaan. Bagi sebagian orang, meminum secangkir kopi dalam suasana hutan yang sejuk memiliki kenikmatan tersendiri. Untuk penikmat kopipun demikian, mungkin Cafe Black Semeru bisa menjadi salah satu alternatif pilihan.

Terletak di kawasan pinggiran hutan Dusun Sumber Duren Desa Candipuro Kecamatan Candipuro, Cafe Black Semeru mampu menawarkan suasana “ngopi” yang asri dan alami. Cafe yang terletak 50 meter dari jalanan aspal tersebut, keseluruhannya masih menggunakan bahan alam untuk ornamen dan bangunannya. Di sana, pengunjung tidak akan menemui jalan paving ataupun asbes. Bangunan dan atapnya menggunakan kayu dan daun kelapa.

Umar Syafii sang pemilik cafe mengatakan, dirinya sengaja mengonsep tatanan cafenya sealami mungkin. Konsep alami juga didukung dengan nuansa outdoor dan menu kopi asli dataran Lumajang.

"Kita ini awalnya memproduksi kopi, terus saya lihat di sini belum ada konsep kopi outdoor, apalagi tempatnya juga mendukung, jadilah kita sekarang ini," terangnya.

Cafe yang sudah berjalan kurang lebih dua tahun tersebut, menawarkan beberapa jenis kopi unggulan yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Kami ini kurang lebih sudah dua tahunan, di sini kopinya ya kopi robusta dan arabica. Kita sengaja ngangkat kopi Lumajangan, dari pasrujambe, sumbermujur, kalau arabica dari gucialit," kata Umar.

Selain kopi Lumajangan, di Cafe Black Semeru juga menawarkan menu kopi luwak dengan harga relatif terjangkau. Masih kata Umar, Kabupaten Lumajang sudah seharusnya dikenalkan melalui potensi yang dimiliki, seperti halnya kopi, kualitas kopi Lumajang sudah tidak diragukan lagi. Banyak produsen kopi yang saat ini mulai melakukan ekspansi ke daerah lain untuk mempromosikan kopi Lumajang dan hasilnya cukup memuaskan. Banyak konsumen yang sudah berlangganan membeli produk kopi Lumajang.

Sebagai media promosi, Umar yang dibantu beberapa pemuda sekitar juga memanfaatkan media sosial, seperti halnya instagram. Dirinya berharap, Lumajang mampu bersaing dengan daerah lain utamanya soal produk kopinya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan