Bupati dan Ketua DPRD Raih Green Leadership Nirwasita Tantra 2019
21 Desember 2020 | Dilihat 1090 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Penghargaan tersebut, diberikan dalam acara Penganugrahaan Kalpataru 2020 dan Nirwasita Tantra 2019 yang berlangsung secara virtual, di Lobby Kantor Bupati Lumajang, Senin (21/12/2020).

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

"Nirwasita Tantra diberikan kepada para kepala daerah yang berperan sangat aktif dengan kebijakan-kebijakan untuk mendukung pelestarian lingkungan dengan penilaian laporan kualitas lingkungan hidup daerah," terang Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan itu, Siti Nurbaya juga mengapresiasi para pejuang lingkungan yang sampai saat ini tetap melakukan pelestarian lingkungan.

"Kita bersyukur kita masih memiliki pejuang-pejuang lingkungan yang melestarikan lingkungn hidup, penerima Kalpataru dan Nirwasita Tantra merupakan bagian yang penting untuk kelestarian lingkungan hidup," ungkapnya.

Sementara usai mengikuti serangkaian acara, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengucapkan terima kasih kepada unsur-unsur yang terlibat dalam pengambilan kebijakan terkait perlindungan dan pelestarian lingkungan.

"Saya berterima kasih kepada teman-teman DPRD yang telah melahirkan peraturan yang menjadi landasan keberpihakan dalam upaya perlindungan lingkungan," terangnya.

"Ini tidak hanya untuk saya sebagai bupati, tapi ada juga Ibu Wakil Bupati, Pak Ketua DPRD, seluruh OPD yang ikut terlibat dalam proses pengambilan kebijakan," lanjut bupati yang akrab disapa Cak Thoriq tersebut.

Senada dengan bupati, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin menambahkan penghargaan tersebut juga diperoleh atas keterlibatan dan partisipasi masyarakat yang secara langsung membantu pemerintah dalam upaya pelestarian lingkungan.

"Ini juga merupakan bagian dari partisipasi publik, baik melalui LSM maupun para aktivis yang berjuang dalam pelestarian lingkungan," pungkasnya. (kominfo-lmj/Fad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan