Wabup Apresiasi Peran Aktif PMI dalam Penangan Covid-19
23 Desember 2020 | Dilihat 921 kali | Penulis Ardi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengapresiasi peran aktif UTD Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memberikan layanan penanganan Covid-19 kepada masyarakat.

"Kami sampaikan terimakasih atas kerjasama yang baik dan bantuan PMI kepada pemerintah dalam melaksanakan misi kemanusiaan," katanya pada Musyawarah Kerja Kabupaten (Mukerkab) PMI Kabupaten Lumajang, bertempat di Hotel Agung Kecamatan Lumajang, Rabu (23/12/2020).

Wabup juga menyampaikan, bahwa PMI memiliki peranan penting dalam penanganan Covid-19 di Lumajang, utamanya terobosan dalam memberikan layanan kepada pasien Covid-19 melalui produk plasma konvalesen yang diperoleh dari pendonor ex-covid yang telah dinyatakan sembuh.

Transfusi plasma konvalesen juga telah dinilai menjadi titik terang bagi penanganan pasien positif covid-19.

"Ke dapan tentu tantangan kita lebih berat lagi, masa pandemi ini merupakan pelatihan buat PMI dalam melayani masyarakat, utamanya plasma, ketika PMI mempunyai alatnya untuk mengolah plasma, tiba-tiba ada pasien sembuh itu sangat dibutuhkan," ujarnya.

Itu sebabnya, Wabup Lumajang menyatakan, pemerintah akan terus mendukung program kerja PMI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Semua rumah sakit, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta kebergantungannya kepada PMI sangat besar, saya berharap pemerintah bersama PMI dapat terus bekerjasama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua UTD PMI Kabupaten Lumajang, Budi Santoso mengatakan, bahwa PMI terus berupaya menempatkan diri sebagai organisasi sosial kemanusiaan dengan selalu berpegang pada prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit, sehingga dalam menjalankan tugasnya PMI mengutamakan kualitas pelayanan dan memprioritaskan yang paling rentan.

"Jadi program kerja PMI Tahun 2020 lebih berorientasi ke pelayanan masyarakat," katanya.

Lanjut dia, UTD PMI juga telah berperan aktif dalam memberikan layanan terkait Covid-19, khususnya pelayanan melalui produk plasma konvalesen.

"Produk plasma konvalesen diberikan kepada para pasien Covid-19 bukan hanya yang menjalani perawatan di Kabupaten Lumajang, melainkan juga melayani permintaan oleh pasien Covid-19 dari beberapa kabupaten/kota di luar Lumajang," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan