Pemenuhan Air Bersih Bagi Masyarakat, Dinas Pertanian dan APTI Salurkan Bantuan Pipa
24 Desember 2020 | Dilihat 85 kali | Penulis Dika . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Terjadinya erupsi Gunung Semeru beberapa waktu yang lalu menimbulkan kerentanan sosial maupun ekonomi bagi masyarakat sekitar. Guna meringankan beban masyarakat akibat erupsi Gunung Semeru, Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang bersama Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Cabang Lumajang menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Penyaluran bantuan berupa paket sembako dan beras 5 kg sebanyak 140 paket, 1 tandon air, serta 125 lonjor pipa paralon sekaligus ongkos tukang untuk perpipaan dan pemasangannya. Bantuan itu diserahkan di Dusun Sumbersari Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Rabu (23/20/2020).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Paiman menyampaikan, Penyaluran bantuan tersebut merupakan inisiatif dari APTI Cabang Lumajang, dengan harapan dapat meringankan beban masyarakat di sekitar kawasan Gunung Semeru yang terdampak akibat erupsi. Dampak dari erupsi mengakibatkan rusaknya fasilitas air bersih, sehingga saat ini kebutuhan utama masyarakat adalah pemenuhan air bersih.

"Ini merupakan bentuk rasa kepedulian kami dari Dinas Pertanian bersama dengan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) kepada masyarakat yang ada di Desa Supiturang khususnya di Dusun Sumbersari," ungkapnya.

Selain itu, Paiman juga mengungkapkan bahwa pihaknya bersama jajaran BPBD Kabupaten Lumajang sudah melakukan identifikasi dan dikonfirmasikan kepada Kementrian terkait lahan pertanian dan peternakan yang juga ikut terdampak erupsi.

"Mudah-mudahan nanti akan ada suport atau bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak erupsi," harapnya.

Sementara itu, Ketua APTI Cabang Lumajang, Dwi Wahyono berharap semoga adanya bantuan itu dapat memberikan angin segar kepada masyarakat terkait pemenuhan air bersih di wilayah Desa Supiturang Dusun Sumbersari khususnya RT 10 / RW 04. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan