Pemkab Lumajang Raih Penghargaan Atas Keberhasilan Mengentaskan Desa Tertinggal Berdasarkan IDM Tahun 2020
29 Desember 2020 | Dilihat 211 kali | Penulis Dika . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menghadiri kegiatan Penyerahan Bantuan Kepada Lembaga Keuangan Desa Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) di Jawa Timur dan Penghargaan Kepada Pemkab atas Keberhasilan Dalam Mengentaskan Desa Tertinggal Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2020, bertempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (28/12/2020).

Penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Lumajang diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur.
Sementara bantuan 1 paket sarana prasarana di satu kecamatan untuk BUMDESMA Rowokangkung Kabupaten Lumajang diserahkan secara langsung oleh Menteri Desa PDTT, A. Halim Iskandar.

Dalam sambutannya, Menteri Desa PDTT menyampaikan, Di Jawa Timur secara resmi sudah terbentuk 147 BUMDESMA. Badan Usaha Milik Desa yang didirikan oleh satuan desa maupun kerjasama antar desa adalah langkah menuju terwujudnya sebuah institusi yang merupakan pemula dan pemicu terhadap pertumbuhan ekonomi di desa.

"Kita berharap apa yang menjadi kendala di dalam pengembangan ekonomi warga atau masyarakat bisa terselesaikan, meskipun semua itu tidak mudah," harapnya.

Selanjutnya, ia berharap semua kabupaten di Jawa Timur dapat mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan untuk kedepannya keterlibatan perempuan semakin ditingkatkan. Sehingga nantinya harus ada regulasi dari Kementrian Dalam Negeri atau Pemerintah Provinsi.

"Saya mengucapkan selamat kepada daerah-daerah yang sudah menuntaskan desanya, sehingga tidak ada lagi desa yang tertinggal. Ke depan kita berpacu untuk mewujudkan desa-desa yang lebih konkret dan lebih operasional lagi. Kita harus bisa wujudkan desa tanpa kemiskinan, kelaparan, pendidikan yang lebih berkualitas, desa peduli perempuan dan anak," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur berterimakasih kepada para Bupati dan Wakil Bupati di Provinsi Jawa Timur yang telah berjuang sangat luar biasa, sehingga kabupatennya bebas dari desa tertinggal.

"Tugas kita berikutnya adalah bagaimana memajukan seluruh desa itu sehingga berkembang, maju dan sejahtera bersama," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilaksanakan Penandatanganan sinergitas pelaksanaan program kerja bersama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan