Pawon Urip Desa Sumberwringin Olah Sayuran Wortel dan Kangkung Jadi Kerupuk
02 Januari 2021 | Dilihat 469 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Masa pandemi Covid-19, memaksa setiap orang untuk tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebarannya. Namun, kondisi seperti saat ini tidak serta merta membuat masyarakat menjadi tidak produktif.

“Meskipun, saat ini sedang pandemi Covid-19, kami TP PKK Desa Sumberwringin Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang mempunyai beragam aktivitas bisa dilakukan, khususnya yang bisa menopang kebutuhan pangan rumah tangga. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan inovasi Pawon Urip dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk berkebun sayuran,” kata Ketua TP PKK Desa Sumberwringin Suliha saat dimintai keterangan di kediamannya, Jumat (1/1/2021).

Suliha juga mengatakan, bahwa memanfaatkan masa berdiam di rumah selama pandemi Covid-19, dengan berkebun beragam macam sayuran, seperti bayam, kacang panjang, cabai, terong dan kangkung bangkok, dan wortel, serta sayuran lainnya.

“Jadi, implementasi inovasi Pawon Urip disini, kami menanam tanaman jangka pendek yang bisa segera dipanen, seperti sayuran kangkung dan wortel, dan dua sayuran ini kami oleh kembali menjadi kerupuk. Lumayan ini bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga di masa pandemi ini,” ujar dia.

Menurut Suliha, pengolahan sayuran menjadi kerupuk adalah pilihan yang simpel, karena disamping cara pengolahannya yang sederhana, kerupuk juga menjadi menu camilan dan menu lauk yang paling banyak dicari masyarakat.

Dengan rasa gurih dan renyah kerupuk menjadi idola para masyarakat saat menikmati makanan atau mengisi waktu santai. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan