Sediakan Pelatihan dan Pasar Pembeli, Wabup Berikan Apresiasi
14 Januari 2021 | Dilihat 136 kali | Penulis Fadly . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati membuka kegiatan Pelatihan Menjahit Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lumajang Bersama Pokja Gerdu Sejiwa yang diselenggarakan di Balai Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Rabu (13/1/2021).

Wabup yang akrab disapa Bunda Indah itu menceritakan latar belakang diselenggarakannya kegiatan pelatihan menjahit tersebut. Adanya sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sudah sembuh dan tidak memiliki keterampilan di Desa Sidomulyo menjadi alasan utama pelatihan menjahit dilaksanakan.

"Saya awalnya didatengi pak kades dan menyampaikan bahwa orang ODGJ yg sudah sembuh dan butuh sebuah keterampilan," ujarnya.

Bunda Indah mengapresiasi upaya yang dilakukan Baznas Kabupaten Lumajang dan jajaran relawan yang tidak hanya menyediakan pelatihan tapi juga mencarikan pasar untuk produk jadi yang dihasilkan. Wabup meminta agar instansi yang lain juga meniru hal tersebut sebelum mengadakan pelatihan.

"Hebatnya pelatihan ini belum dilaksanakan tapi jaringannya sudah dicari, ini bener dan harus ditiru oleh dinas-dinas, sebelum melakukan pelatihan, cari dulu pasarnya, ini tanggung jawab kita (pemerintah -red)," tambahnya.

Kepala Desa Sidomulyo, Paiman berharap dengan diselenggarakan kegiatan tersebut mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.

"Dengan kegiatan ini, harapannya warga kami bisa punya keterampilan dan meningkat ekonominya, bahkan ini ada kerjasama dari beberapa perusahaan," ujarnya.

Sementara, Wakil Ketua Baznas Kabupaten Lumajang, Karmat melaporkan pelaksanaan kegiatan pelatihan menjahit tersebut merupakan upaya membangun dan memberdayakan masyarakat dengan dana zakat. Pelatihan yang diikuti oleh ODGJ yang sudah sembuh dan rumah tangga tidak mampu.

"Ada 25 mesin jahit yang diberikan, nanti produknya menggunakan kain perca yang dijadikan kain lap untuk bengkel, sudah ada kerjasama dengan Graono Jersey dan Bengkel AHAS," tandasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan