Pohon Beringin Alun-alun Tumbang, Ini Penyebabnya
17 Januari 2021 | Dilihat 1514 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Sejumlah personil dikerahkan menyusul tumbangnya pohon beringin di Alun-alun Lumajang, Minggu (17/1/2021). Pohon beringin yang diperkirakan sudah ada sejak Tahun 1880 tersebut tumbang sekitar pukul 16.00 WIB.

Selain petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, TRC BPBD Kabupaten Lumajang dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lumajang nampak terlihat turut membersihkan ranting, Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati menyebutkan penyebab tumbangnya pohon beringin tersebut murni faktor alam.

"Penyebabnya karena usia, batang bawah keropos, sehingga tidak mampu menahan batang dan dahan," terangnya.

Selain itu, Yuli menjelaskan memang beberapa waktu yang lalu kondisi pohon beringin tersebut sempat tidak 'sehat', bahkan nampak kering. Pihaknya juga telah melakukan upaya agar kondisi pohon beringin itu kembali seperti dulu.

"Perlakuan kami sudah maksimal, begitu daun mengering kelihatan kurang tumbuh bagus kami sudah lakukan upaya, salah satunya membongkar semen yang ada dibawah pohon beringin, kami berikan pupuk diperlakuan supaya air bisa masuk," jelasnya.

Selanjutnya, pihaknnya akan segera membuat laporan untuk disampaikan kepada Bupati Lumajang agar segera dilakukan pergantian pohon. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan