Pemkab Usulkan 256 untuk Formasi CPNS 2021
21 Januari 2021 | Dilihat 369 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang berencana akan mengusulkan 256 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Lumajang Tahun 2021. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Akhmad Taufik Hidayat di kantornya, Kamis (21/01/2021).

Akhmad Taufik Hidayat menjelaskan, bahwa sesuai petunjuk pemerintah pusat diprioritaskan untuk tiga bidang yakni bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

"Untuk bidang pendidikan sementara akan dicukupi dengan PPPK, yang kita usulkan bidang infrastruktur dan kesehatan jumlahnya 256 belum ada revisi, tahapnya masih pengusulan," ungkapnya.

Sedangkan, untuk bidang pendidikan dijelaskan Kepala BKD akan diusulkan melalui perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan jumlah yang diusulkan 500 orang.

Diakui Akhmad Taufik Hidayat bahwa pengusulan CPNS maupun PPPK tersebut tidak sebanding dengan kebutuhan pegawai, apalagi dilihat dari jumlah PNS yang pensiun, meninggal maupun mutasi yang hampir sekitar 400 lebih tiap tahunnya.

"Memang antara kebutuhan PNS dengan tenaga pensiun tidak seimbang, kita minus terus setiap tahun, sekitar 400 lebih pensiun, meninggal dan mutasi. Kita dapatnya CPNS sedikit seperti tahun sebelumnya saja cuma 176," jelasnya.

Disinggung mengenai pelaksanaan CPNS 2021, Taufik menyampaikan, bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk teknis resmi dari Kemenpan-RB dan BKN.

"Untuk saat ini petunjuknya masih belum ada, di Medsos informasinya sudah berkembang macam-macam, namun kami tetap menunggu petunjuk formal dari Kemenpan maupun dari BKN," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan