Pertama Kalinya Bupati Lumajang Donor Plasma
22 Januari 2021 | Dilihat 267 kali | Penulis Andika . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melakukan donor plasma darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang, Kamis (21/1/2021) pagi. Ia mendonorkan sebanyak 400 cc plasma darah yang terbagi menjadi dua kantong.

Bupati Lumajang menjelaskan, sehari sebelumnya dirinya sudah diambil sampel darah, hal itu dilakukan guna memastikan kondisi darah dan fisik dalam pemenuhan kriteria sebagai pendonor plasma.

"Alhamdulillah, saya sudah memenuhi persyaratan donor plasma. Hari ini saya mendonorkan plasma yang pertama setelah sebulan lebih saya terkonfirmasi positif dan sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19," ujarnya.

Ia menyampaikan, bahwasannya Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin telah menyatakan 58% lebih terapi plasma tersebut menyembuhkan orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Artinya, potensi untuk menyembuhkan yang positif menjadi negatif sudah terhitung secara medis.

"Semakin banyak orang yang berkenan untuk donor plasma, semakin punya potensi kita menyembuhkan banyak pasien yang sebelumnya positif Covid-19. Harapannya donor plasma ini membantu banyak orang," ungkapnya.

Selanjutnya, ia berharap masyarakat yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19, yang telah dirawat baik di RSUD dr. Haryoto maupun rumah sakit yang lain agar ikut serta melakukan donor plasma.

"Ayo kita bersama-sama menyelamatkan nyawa yang lain, kita bersama-sama menyembuhkan orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, yang itu artinya kita bisa membantu banyak orang," ajaknya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Lumajang juga menerima piagam penghargaan dari PMI Kabupaten Lumajang, karena dengan sukarela telah melakukan donor plasma konvalesen sebagai terapi pasif Covid-19. Selain itu, Bupati Lumajang juga menyerahkan satu unit sepeda motor kepada PMI Kabupaten Lumajang. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan