Satu Napi Terorisme Ucapkan Ikrar Setia Kepada NKRI
23 Juni 2021 | Dilihat 177 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengatakan tidak ada satu agama pun yang mengajarkan kekerasan. Semua agama mengajarkan kedamaian, cinta sesama dan peduli satu sama lain. Hal itu disampaikannya saat menyaksikan ikrar kesetiaan kepada NKRI yang dilakukan satu narapida kasus terorisme di Lapas Kelas II B Kabupaten Lumajang, Rabu (23/6/2021).

Wabup mengungkapkan saat ini Indonesia sedang menghadapi problem terkait radikalisme. Aksi radikalisme bahkan sudah mulai menguat di kalangan usia produktif. Untuk itu perlu adanya penguatan Ideologi Pancasila sebagai landasan berbangsa dan bernegara agar tidak tercampuri dengan ideologi lain.

"Sebagai warga negara yang sudah lahir dan tumbuh berkembang di Negara Indonesia, sudah menjadi kewajiban kita untuk membela dan mempertahankan NKRI," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup yang akrab disapa Bunda Indah itu juga mengapresiasi sikap narapidana teroris yang kembali bertekad untuk mencintai NKRI.

"Hari ini kita menyaksikan niat dan tekadnya untuk kembali mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa syarat, ini perlu dukungan juga dari semua," ujarnya.

Wabup menyebut tantangan terbesar dalam melakukan pembinaan narapidana kasus terorisme adalah saat narapidana kembali ke masyarakat. Masyarakat akan menilai bahwa mantan narapidana kasus terorisme masih memiliki jiwa radikalisme. Oleh akrena itu tindakan kongkret diperlukan untuk menghilangkan stigma negatif masyarkat tersebut.

Melalui Program Deradikalisasi, Wabup berharap, narapidana diberikan bekal selain untuk meluruskan paham ideologi, juga dipersiapkan dalam menghadapi kehidupan bersosial di masyatakat.

"Melalui deradikalisasi narapidana kasus terorisme bisa berubah mindset, ideologi, cara berpikir dan perilakunya, sehingga ketika mereka kembali ke masyarakat sudah tidak mengalami penyimpangan ideologi," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan