DWP Lumajang Bantu Pemerintah Sosialisasikan Program Merdeka Belajar
25 Juni 2021 | Dilihat 123 kali | Penulis Subahri Ardianto . Redaktur Joko

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa program Merdeka Belajar merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anak.

"Sebenarnya sensasi Program Merdeka Belajar ini bukan main, karena kebijakan ini merupakan solusi agar anak-anak bisa mempelajari hal-hal yang mereka sukai dan dengan cara yang mereka sukai," terang dia pada Kegiatan Webinar Merdeka Belajar Dalam Peta Jalan Pendidikan yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (24/6/2021).

Nadiem juga menerangkan, bahwa kebijakan Program Merdeka Belajar dirancang berdasarkan keinginan untuk memprioritaskan kedudukan anak sebagai pelajar, agar keinginan yang mereka bisa, menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat.

Oleh karena itu, Mendikbud Ristek berharap, agar seluruh peserta dapat mengaplikasikan informasi mengenai merdeka belajar di lingkungannya masing-masing.

Menurutnya, dukungan serta partisipasi orang tua merupakan kunci terciptanya merdeka belajar. "Mari bersama menjadi pendidik dan orang tua yang mau memerdekakan anak-anak kita dalam belajar dan mencapai cita-cita," ajaknya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lumajang Rahayu Agus Triyono mengatakan, bahwa pihaknya akan terus membantu pemerintah dalam menyosialisasikan Program Merdeka Belajar kepada para orang tua, khususnya di lingkup keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurutnya, dengan menyosialisasikan kepada seluruh anggota DWP. Dirinya berharap agar anggota DWP yang memiliki peran sebagai orang tua dapat memberikan dukungan kepada anak selama masa pembelajaran.

"Selain menyosialisasikan kepada anggota DWP, saya juga meminta kepada anggota DWP untuk menginformasikannya juga kepada masyarakat yang berada di sekitar tempat tinggal, sehingga informasi Program Merdeka Belajar dapat diterapkan dengan lancar di kalangan masyarakat," katanya saat dimintai keterangan usai mengikuti Kegiatan Webinar Merdeka Belajar Dalam Peta Jalan Pendidikan yang dilaksanakan secara virtual, bertempat di Ruang Terbatas Kantor Setda Kabupaten Lumajang, Kamis (24/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Rahayu juga mengimbau kepada orang tua untuk tidak membatasi kreativitas anak dalam pembelajaran, sehingga mampu memahami konteks dengan berfikir kritis dan kreatif. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan