Sekda Lumajang: Suksesnya Pilkades Kuncinya Adalah Kenetralan
13 Juli 2021 | Dilihat 120 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono mengingatkan seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkades Serentak 2021 Kabupaten Lumajang bersifat netral, mengingat Pilkades merupakan pesta demokrasi yang paling kuat antara pemilih dan yang dipilih.

"Kesuksesan terselenggaranya Pilkades kuncinya kenetralan dari BPD, Perangkat Desa dan Pantia Pilkades," terangnya dalam Kegiatan Sosialisasi Pilkades Serentak 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (13/7).

Sekda menegaskan, Pilkades merupakan kegiatan yang diselenggarakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Untuk itu, guna menghindari Pilkades yang bermasalah, seluruh panitia harus dibentuk oleh BPD.

Sekda juga meminta seluruh anggota BPD dan Panitia Pilkades tidak memiliki kepentingan dalam penyelenggaraan Pilkades.

"Wajib hukumnya seluruh anggota BPD tidak boleh punya kepentingan dengan Pilkades, panitia harus bersikap bijak " ujarnya.

Selain itu, Sekda juga mengingatkan para Perangkat Desa untuk tidak terlibat dalam kegiatan yang diduga mengarah kepada kampanye salah satu calon kepala desa.

"Perangkat desa dilarang terlibat dalam kegiatan yang diduga kampanye," lanjutnya.

Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan pemilihan kepala desa dalam Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2021, Kegiatan Pilkades Serentak 2021, pelaksanaan tahapan pemilihan kepala desa dalam kondisi bencana non alam Corona Virus Disease 2019 dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

Pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Lumajang akan diikuti oleh 32 desa di 15 kecamatan dan akan dilaksanakan pada Kamis 2 Desember 2021. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan