Membanggakan, Mahasiswa Asal Lumajang Juarai MHQ Internasional
17 Juli 2021 | Dilihat 1661 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, Ahmad Farid Anam meraih juara 1 Musabaqah Hifdzil al-Qur'an (MHQ) tingkat internasional.

Pemuda asal Lumajang tersebut berhasil memenangkan Kompetisi MHQ Internasional yang diselenggarakan di Universitas Diwaniyah Irak. Ia juga merupakan mahasiswa semester 3 penerima Beasiswa Tahfidz Qur'an dari Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Saya bersyukur dan ini membanggakan bisa mengukir prestasinya di kancah internasional, apalagi bagi kami ia juga merupakan penghargaan dari Pemkab Lumajang jalur penghafal AlQur'an," ujar Dewi Susiyanti Kepala Dinas Sosial Kab. Lumajang saat dimintai keterangan, Sabtu (17/07/2021).

Dewi Susiyanti berharap prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Ahmad Farid Anam dapat memicu semangat anak-anak di Lumajang untuk terus berprestasi. Ia menjelaskan bahwa Pemkab Lumajang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk pendidikan sebanyak pendidikan lebih tinggi berupa beasiswa Rp 7,2 juta per semester bagi keluarga kurang mampu dan penghafal AlQur'an.

"Semoga ini memicu semangat adik-adik, karena Pemkab sudah memberikan bantuan sebanyak Rp 1,2 juta setiap bulannya selama 8 semester untuk yang menempuh S1, kami berharap mereka bisa berprestasi," harapnya.

Farid memenangkan cabang lomba MHQ 10 Juz yang diikuti 15 negara, yaitu India, Pakistan, Irak, Iran, Maroko, Malaysia, Brunei Darussalam, Syuriah, Mesir, Qatar, Kuwait, Yordania, Bahrain, dan Arab Saudi. Ada empat cabang lomba, yaitu MHQ 30 Juz, 20 Juz, 10 Juz, dan Musabaqoh Tilawatil al-Qur'an (MTQ).

Lomba digelar secara virtual, 12-15 Juli 2021 dengan beberapa tahapan seleksi. Sebelumnya Farid mengumpulkan melalui video kemudian diseleksi menjadi peserta resmi. 

Ia berhasil menyabet nilai tertinggi 188,5 mengalahkan tuan rumah Irak dengan nilai 182,5, dan rekan dari Indonesia Muhammad Salim dengan nilai 178.

Diakui Farid bahwa dirinya bersyukur atas kemudahan dan kebahagiaan AlQur'an yang tidak membuat dirinya mendapat beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Lumajang namun juga berhasil mengantarkannya memenangkan tahfidz Qur'an tingkat internasional.

"Saya sebagai penerima beasiswa mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati, prestasi ini saya haturkan sebagai ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang yang telah memberikan beasiswa ini kepada saya," ujarnya.

Farid berpesan agar generasi muda di Lumajang menjadi generasi yang optimis dan produktif. M enurutnya usaha yang dijalani meski harus berusaha keras tidak akan menghianati hasil. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan