Awal Maret, Lumajang Siap Jadi Kabupaten ODF
25 Februari 2021 | Dilihat 253 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Awal Maret, Lumajang siap menjadi Kabupaten ODF. Hal itu diungkapkan Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Musfarinah Thoriq saat Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Balai Kecamatan Pasirian, Kamis (25/02/2021).

"Kita di Bulan Maret siap mengajukan diri sebagai Kabupaten ODF, itu artinya kita semua siap kembali bertarung untuk kembali meraih penghargaan swasti saba wisatara atau kabupaten sehat," ungkapnya.

Kecamatan Pasirian merupakan kecamatan ke 20 yang telah mendeklarasikan sebagai Kecamatan ODF. Selanjutnya Lumajang akan menutup rangkaian deklarasi ODF di Kecamatan Jatiroto.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Deklarasi ODF menjadi bagian dari proses untuk memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Ning Farin, sapaan akrab Ketua TP PKK Kab Lumajang menjelaskan bahwa saat ini Pemkab tengah berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di mana salah satu faktornya adalah terkait kesehatan.

Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat adalah lingkungan dan perilaku masyarakat. Perubahan perilaku sehat ini sangatlah sulit apabila masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya. Perubahan ini dimulai dari diri sendiri dan dimulai sejak dini, sehingga menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan yang lebih besar dalam rangka menuju pola hidup sehat.

"Memang tidak mudah mengedukasi masyarakat, dengan niatan baik dan pendekatan bapak ibu masyarakat akan pelan-pelan merubah gaya hidupnya yang semula buang air di sembarang tempat mereka sudah mulai menggunakan jamban," ujarnya.

Sementara itu Camat Pasirian, Trikondo Cahyono menyampaikan bahwa ODF di Kecamatan Pasirian tidak terlepas dari kerja keras lintas sektor. "Dukungan lintas sektor yang saling mendukung untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan masyarakat, terima kasih Kepala Desa, Ketua TP PKK desa, para kader yang terus berupaya dan bekerja keras dalam meningkatkan pola hidup bersih dan sehat," ujarnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan