Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Lumajang Adalah untuk Petugas Pelayanan Masyarakat
25 Februari 2021 | Dilihat 205 kali | Penulis anam . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Lumajang, InfoPublik - Hingga saat ini Wilayah Lumajang masih dalam zona orange. Data per Tanggal 24 Februari 2021 jumlah kasus terkonfirmasi 2.916 kasus, 28 suspect, sembuh 2.610, serta meninggal 253.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang Ester Pramedina, S.KM., M.Kes., saat membuka Kegiatan Sosialisasi Vaksin Covid-19 Tahap II bersama lintas sektor, bertempat di Ruang Pisang Raja Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Kamis (25/2/2021).

Ester juga mengatakan, bahwa pandemi COVID-19 memberi tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dan berdampak terhadap sistem kesehatan Indonesia yang terlihat dari penurunan kinerja pada beberapa program kesehatan.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan prioritasi pada penanggulangan pandemi Covid-19, serta adanya kekhawatiran masyarakat dan petugas terhadap penularan Covid-19. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kekebalan imunitas masyarakat dan memberikan sosialisasi vaksin Covid-19 bersama lintas sektor.

"Vaksin adalah upaya yang sudah terbukti di kehidupan kita selama ini. Bukan hanya untuk kepentingan diri kita sendiri dan lebih penting untuk orang tua kita atau semua orang lain di sekitar kita,” kata dia.

Selain itu, dikatakan Ester, bahwa vaksin yang diberikan dapat melindungi tubuh. Oleh karena itu, diharapkan agar masyarakat dapat ikut serta dalam menyukseskan Program Vaksinasi Covid-19 dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas.

“Untuk menyukseskan Program Vaksinasi Covid-19 sangat dibutuhkan dukungan lintas sektor, yakni dunia usaha, akademisi, Ormas (Organsasi Masyarakat, red) dan semua komponen masyarakat dalam menyebarkan informasi benar tentang vaksin,” ujarnya.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh perwakilan lintas sektor dan sektor pelayanan publik di Kabupaten Lumajang, yang berjumlah 50 orang peserta yang dibagi menjadi dua sesi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr. Marsal Trihandono dalam paparannya menjelaskan, bahwa upaya pemerintah menganggulangi Covid-19 adalah dengan vaksinasi aman, efektif dan halal untuk masyarakat.

Sementara, Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang Mardiyanti,. S.KM., M.Kes., menerangkan, bahwa sistem pendataan sasaran vaksinasi bagi lintas sektor atau petugas pelayanan di Kabupaten Lumajang secara rekap instansi dan pengisian individual setiap petugas. (MC Kab. Lumajang/Dinkes-lmj/Abdillah/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan