HPSN 2021, Pemkab dan PKK di Lumajang Gelar Lomba Kerajinan Daur Ulang Sampah
25 Februari 2021 | Dilihat 213 kali | Penulis anam . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Lumajang, InfoPublik – Memaknai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021, Masyarakat diajak untuk berpartisipasi menyukseskan Program Merak Berlipstik (Mengajak Rakyat Bersihkan Limbah Plastik) sehingga dapat terwujud lingkungan yang terbebas dari sampah plastik.

“Hari ini bertepatan HPSN Tahun 2021, untuk memaknainya TP PKK dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang menggelar Kegiatan Lomba Kerajinan Daur Ulang Sampah selama dua hari, yakni Tanggal 23-24 Februari 2021 dan sasarannya adalah para santri yang ada di Pondok Pesantren se-Kabupaten Lumajang,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Musfarinah Thoriq (Ning Farin) saat memberikan arahan dalam Kegiatan Lomba Kerajinan Daur Ulang Sampah, yang bertempat di Halaman Bank Sampah Induk Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Rabu (24/2/2021).

Ning Farin juga menyampaikan, bahwa daur ulang (recycle) merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi volume sampah. Menurutnya, daur ulang merupakan salah satu cara untuk memodifikasi sampah atau barang bekas menjadi barang baru yang bermanfaat dan bernilai ekonomi.

“Ada banyak jenis sampah bisa kamu daur ulang, seperti plastik bekas, botol bekas, kertas bekas dan masih banyak lagi, dan sampah-sampah itu jika dibuat kerajinan, nanti hasilnya dapat memberikan nilai ekonomis yang bisa membantu kebutuhan sehari-hari dalam keluarga,” kata dia.

Ning Farin menambahkan, bahwa untuk dapat mengurangi sampah plastik, dirinya menyarankan masyarakat untuk selalu menggunakan botol/tumbler minum sendiri dalam setiap kegiatan. “Jadi, untuk dapat mengurangi sampah plastik, mempunyai atau membawa botol sendiri itu juga bisa, karena bukan wadah minum sekali pakai,” imbuh dia.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang juga menyerahkan tumbler atau botol minum sejumlah 50 botol kepada santri yang hadir, dengan harapan botol minum tersebut dapat digunakan saat berkegiatan sehingga bisa mengurangi limbah plastik dari air mineral kemasan. (MC Kab. Lumajang/TPPKK-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan