Forum PUSPA Lumajang Berikan Trauma Healing untuk Kembalikan Senyuman dan Keberanian Korban Pasca Bencana
02 Maret 2021 | Dilihat 407 kali | Penulis Anam . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Lumajang, InfoPublik - Penyembuhan trauma (trauma healing) merupakan sebuah upaya yang sangat penting untuk diberikan, agar korban tetap tenang menghadapi memori kengerian saat terjadi bencana.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kabupaten Lumajang Rahayu Agus Triyono saat melakukan Penyembuhan trauma (Trauma Healing) kepada masyarakat terdampak bencana banjir dan tanah longsor, di Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono dan Desa Sawaran Kulon Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (2/3/2021).

Rahayu juga mengatakan, bahwa bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang terjadi di Wilayah Kecamatan Sukodono dan Kedungjajang tersebut, pasti akan menimbulkan rasa trauma pada masyarakat yang terdampak. Akan tetapi, tidak semua korban menyadari jika dirinya sendiri telah mengalami gangguan psikologis tersebut.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan agar dapat mengembalikan senyum dan keberanian korban pasca terjadi bencana alam, sehingga ke depannya masyarakat terdampak dapat kembali menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal.

“Saat terjadi bencana alam, maka kebanyakan korbannya telah mengalami trauma. Tapi, tidak semua dari mereka menyadarinya. Untuk itulah, Forum PUSPA turun ke lokasi terdampak bencana untuk melakukan Trauma Healing agar dapat menyembuhkan rasa trauma yang dialami korban,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Forum PUSPA Kabupaten Lumajang juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat terdampak, seperti selimut, pakaian layak pakai, keperluan bayi dan logistik serta masker dan face shield, yang didampingi oleh Kepala Disdalduk KB dan PP Kabupaten Lumajang dr. Rosyidah beserta jajarannya. (MC Kab. Lumajang/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan