Buku "Pendidikan, Teknologi dan Bahasa" Karya Bekti Sawiji Diserahkan ke Perpustakaan Umum
19 Maret 2021 | Dilihat 191 kali | Penulis Andhika . Redaktur Joko
Foto : Dok. Diskominfo - LMJ

Saat ini perpustakaan mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, mengingat minat baca masyarakat sekarang sudah mulai berkurang. Jadi, kalau ada seseorang yang bisa menulis ini luar biasa, karena itu akan menjadi penyemangat buat masyarakat yang memiliki potensi untuk menulis.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Nugroho Dwi Atmoko saat menerima buku dengan judul "Pendidikan, Teknologi dan Bahasa", yang ditulis oleh Bekti Sawiji. Penyerahan buku tersebut dilakukan di halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Jumat (19/3/2021).

"Saya atas nama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyampaikan banyak terimakasih. Di tengah kesibukannya sebagai Kabid di Diskominfo Kabupaten Lumajang tetapi masih menyempatkan diri untuk bisa menulis," ujarnya.

Selanjutnya, Ia berharap di era pandemi seperti saat ini masyarakat Kabupaten Lumajang bisa mengambil sisi positifnya, karena banyak waktu luang yang dapat digunakan seperti kegiatan menulis. Selain itu, di Kabupaten Lumajang juga sudah ada penerbit yang sudah bisa menampung para penulis di Lumajang.

"Saya selaku Plt. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang mengajak semua untuk menambah ilmu dan wawasan dengan membaca. kita juga berharap ke depannya di salah satu pojok perpustakaan kita itu ada buku-buku karya khusus penulis yang ada di Kabupaten Lumajang," tambahnya.

Ia juga mengajak masyarakat yang mempunyai potensi menulis agar mengeksplor semua potensinya. "Kita berharap secara berkala ada gathering atau pertemuan antar penulis atau komunitas di Kabupaten Lumajang untuk saling berbagi ilmu," pungkasnya.

Sementara itu, Bekti Sawiji selaku penulis buku menjelaskan, buku yang telah ditulisnya merupakan kompilasi dari artikel-artikel yang sudah terbit di media massa, baik media massa cetak maupun media massa online.

"Saya harap buku ini dapat memberikan wawasan para tenaga pendidik, mahasiswa keguruan dan masyarakat pemerhati pendidikan maupun bahasa," ujarnya.

Buku yang diserahkan ke Perpustakaan Umum Kabupaten Lumajang banyak membahas masalah pendidikan, teknologi dan bahasa. Terkait pendidikan dan teknologi itu sendiri, sebenarnya teknologi itu sangat membantu untuk para tenaga pendidik atau guru. Tetapi faktanya saat ini masih banyak guru yang gagap akan teknologi.

Di luar itu, permasalahan penggunaan bahasa di masyarakat masih banyak yang patut dikritisi, terutama bahasa resmi atau bahasa tulis serta bahasa lisan yang berada di forum-forum resmi. Satu lagi membahas masalah Pandemi Covid-19, salah satunya adalah trend teleconference. Jadi, teleconference saat ini menjadi pilihan pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan rapat, terbukti hampir setiap kegiatan rapat baik kementerian maupun di daerah saat ini menggunakan zoom. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan