Lumajang Optimis Menuju 100 Persen ODF
23 Maret 2021 | Dilihat 807 kali | Penulis Bobby Wijayanto . Redaktur Joko
Foto : Dok. Diskominfo - LMJ

Kabupaten Lumajang optimis menuju 100 persen Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

"Saat ini kesadaran masyarakat sudah mulai tinggi untuk tidak buang air besar sembarangan atau di sungai," ungkap Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat memberikan arahan pada acara Verifikasi Lapangan Strategi dan Percepatan ODF Kabupaten Lumajang, bertempat di Panti PKK Lumajang, selasa (23/03/21).

Dengan adanya Tim Verlap ODF Prov Jatim untuk melalukan evaluasi dan penilaian di Kabupaten Lumajang, Wabup berharap hasilnya menjadi semangat Pemkab Lumajang dan stakeholder terkait sebagai motivasi untuk menuju 100 persen ODF. Namun, menurutnya yang paling utama yakni memiliki komitmen agar masyarakat selalu berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Jadi Pak Bupati dan saya berkomitmen bahwa masyarakat harus selalu sehat," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, Bayu Wibowo Ignasius, dalam laporannya menjelaskan bahwa Deklarasi ODF di 21 kecamatan di Kabupaten Lumajang yang telah dilaksanakan, sebagai bentuk percepatan dalam menuntaskan buang air besar sembarangan di Lumajang.

"Seluruh masyarakat Lumajang optimis dan ikut berperan aktif untuk menciptakan lingkungan sehat dan membuktikan bahwa Lumajang stop buang air besar sembarangan," jelasnya.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa dari data terakhir presentase kepemilikan jamban sehat di Lumajang sebesar 75 persen, jamban sehat semi permanen 11 persen dan sharing jamban 14 persen. Harapannya dengan percepatan ODF ini bisa menghantarkan Kabupaten Lumajang kembali mendapatkan penghargaan kategori Kabupaten Sehat tingkat nasional. (Kominfo-lmj/bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan