Lumajang Jadi Kabupaten ODF ke 17 Di Jatim
25 Maret 2021 | Dilihat 118 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Lumajang dideklarasikan menjadi Kabupaten ODF (Open Defecation Free) yang ke 17 di Jatim.

"Kami mantap menjadikan Lumajang Kabupaten ODF di Jatim yang ke 17, mudah-mudahan ini menjadi pintu masuk menjadi kabupaten sehat," ungkap Hertanto, Ketua Tim Verifikasi Lapangan ODF yang juga merupakan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (24/03/2021)

Ia beserta Tim Verifikasi Lapangan ODF telah turun di 14 desa di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Lumajang untuk mengetahui sejauh mana penerapan ODF di Lumajang. Ia mengapresiasi langkah Bupati Lumajang beserta jajarannya yang tetap memprioritaskan ODF di tengah penanganan Covid-19.

"Kami terima kasih kepada Bupati Lumajang dan seluruh pihak terkait di tengah kesibukannya untuk menanggulangi Covid-19 di waktu bersamaan masih memprioritaskan Lumajang menjadi kabupaten ODF," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menjelaskan bahwa tidak mudah merubah perilaku masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, khususnya terkait merubah perilaku buang air besar sembarangan. Deklarasi ODF ini menurutnya tidak terlepas dari peran lintas sektor, baik jajaran TNI, Polri, Puskesmas, camat, kepala desa dan juga Tim penggerak PKK sampai tingkat desa yang tiada henti memberikan edukasi pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Saya juga mengapresiasi seluruh kinerja, terutama dinas kesehatan yang bekerja keras menjadikan Lumajang Kabupaten ODF," ucapnya bangga.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menjelaskan bahwa Pemkab juga terus berupaya menghadirkan berbagai program pelayanan yang mudah dan dekat dengan masyarakat. Salah satu Program Dokter Muter inovasi Dinas Kesehatan Lumajang merupakan program yang menghadirkan pelayanan kesehatan mudah diakses oleh masyarakat dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukungnya.

"Kami berikhtiar seluruh potensi pelayanan kesehatan untuk masyarakat, alhamdulillah berbagai pelayanan kesehatan telah dirasakan oleh masyarakat Lumajang, seperti persalinan gratis, kami juga punya Program Dokter Muter dan berbagai program pelayanan kesehatan yang itu semua diharapkan menjadikan Lumajang sebagai kabupaten sehat," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan