Wabup Ajak Masyarakat Lumajang Cintai Produk Lokal
31 Maret 2021 | Dilihat 80 kali | Penulis Fadli . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Lumajang kian giat dilakukan. Beberapa program juga ditujukan untuk mendukung usaha dan daya saing produk UMKM Lumajang. Pemberian bantuan dan pelatihan packaging serta startegi pemasaran melalui online.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengatakan pemerintah telah melakukan intervensi terhadap produk UMKM. Beberapa program juga dilakukan oleh OPD terkait untuk mengembangkan perekonomian lokal.

"Intervensi pemerintah terhadap UMKM, sebenarnya sudah dilakukan mulai tahun ini, ada pelatihan packaging. Dinas perdagangan, Dinas Koperasi dan Dinas Kominfo juga sudah melakukan branding digital," ungkapnya dalam kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2022 di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis (31/3/2021).

Pengembangan perekonomian lokal juga didukung melalui perlindungan terhadap produk lokal di toko modern. Wabup menyampaikan, toko modern atau retail diwajibkan untuk turut serta memasarkan produk-produk lokal. Selain itu, untuk mengintervensi agar toko modern tidak menjual beras berasal dari luar Lumajang, akan didukung dengan Peraturan Bupati Lumajang

"Nanti dikeluarkan Perbubnya, tidak boleh menjual beras yang tidak diproduksi oleh Kabupaten Lumajang, orang Lumajang harus makan beras Lumajang,"

Wabup menambahkan, nantinya bila dimungkinkan untuk toko-toko modern atau retail yang kedapatan menjual beras yang tidak berasal dari Kabupaten Lumajang, akan dilakukan penindakan oleh Satpol PP. Bahkan bisa ditinjau ulang untuk perijinan usahanya.

Intervensi lain yang juga dilakukan pemerintah adalah membangun dan menata ulang pasar tradisional. Saat ini, kenyamanan pengunjung atau pembeli di pasar tradisional juga harus mulai diperhatikan. Hal itu nantinya akan berpengaruh kepada seberapa besar masyarakat yang akan berbelanja di pasar tradisional. (Kominfo-Lmj/fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan