Wakil Bupati Berharap Pihak Kecamatan Mendukung Proses Pendataan Keluarga
31 Maret 2021 | Dilihat 127 kali | Penulis Bobby Wijayanto . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati membuka Rapat Kerja Daerah Bangga Kencana Tahun 2021, bertempat di Aula BKD Lumajang, Rabu (31/03/21) siang mengungkapkan, bahwa Rakerda ini merupakan Program Kependudukan Keluarga Berencana untuk menciptakan keluarga yang berkualitas melalui pengendalian penduduk dalam rangka mewujudkan pertumbuhan yang seimbang.

Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Lumajang akan dilaksanakan pendataan keluarga selama 2 bulan yang dimulai Tanggal 1 April 2021. Dirinya berharap semua pihak terkait khususnya pihak kecamatan hingga desa turut mendukung suksesnya pelaksanaan pendataan tersebut, serta mendorong kepada masyarakat untuk berperan aktif agar bisa menerima para petugas untuk mendapatkan data yang benar dan akurat.

"Kami berharap kepada seluruh camat untuk membantu proses pelaksanaan pendataan keluarga Tahun 2021 di wilayahnya, yakni menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang pendataan ini" harapnya.

Di sisi lain, Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, Rakerda Bangga Kencana merupakan sebuah forum dalam rangka meningkatkan komitmen pelaksanaan pembangunan di daerah.

"Tentu dengan adanya pertemuan seperti ini merupakan sebuah keberlanjutan dari Program Bangga Kencana, sehingga semua level wilayah bisa berjalan dengan baik dalam rangka membimbing untuk menuju keluarga yang lebih sejahtera," ungkapnya.

Sukaryo Teguh menambahkan pada Tanggal 1 April hingga 31 Mei 2021, pihaknya akan melaksanakan pendataan keluarga di Kabupaten Lumajang. Menurutnya kegiatan pendataan itu, merupakan sebuah langkah yang strategis dalam pelaksanaan Program Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana.

"Karena melalui pendataan keluarga ini kita akan bisa mengetahui hasil program yang kita laksanakan," ujarnya.

Melalui kegiatan pendataan keluarga tersebut, dirinya berharap nantinya bisa mendapatkan sebuah hasil data atau profil yang valid dalam keluarga, baik itu hasil data kependudukan, Keluarga Berencana termasuk juga kehidupan sosial di lingkungannya serta mengetahui tolok ukur tingkat kesejahteraan keluarga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lumajang, Rosyidah dalam laporannya menjelaskan, bahwa tujuan diselenggarakannya Rakerda tersebut, untuk mengevaluasi capaian Program Bangga Kencana Tahun 2020 serta pencanangan pendataan keluarga 2021.

"Dalam kegiatan ini juga ada penganugerahan gender champion yakni salah satu itikad kami (Dinas Dalduk, KB dan PP Lumajang) untuk pembangunan yang berkesetaraan dan berkeadilan gender," jelasnya. (Kominfo-lmj/bob)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan