Kreasi Mukena Batik Lumajangan Khas Yosowilangun
02 April 2021 | Dilihat 259 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Batik biasanya dikenakan untuk kemeja maupun dress. Namun, di tangan Yuni Widyasih, batik Lumajangan dikreasikan menjadi mukena.

Wanita asal Desa Darungan, Kecamatan Yosowilangun tersebut sudah menekuni usaha batik Lumajangan sejak Agustus 2010. Diakuinya bahwa awalnya iseng membuat mukena dari batik, namun ternyata mukena batik buatannya tersebut cukup diminati oleh masyarakat

"Awalnya cuma membuat untuk dipakai sendiri, setelah itu kok ada permintaan akhirnya pesen satu, karena banyak yang tanya saya terus produksi," ungkapnya saat ditemui di kediamannya, Kamis (01/04/2021).

Yuni menjelaskan bahwa mukena batik lumajangan ia pasarkan melalui media sosial miliknya. Tidak hanya diminati masyarakat Lumajang, mukenanya bahkan juga diminati masyarakat luar kota.

"Saya share di facebook ternyata banyak yang minat dari luar kota, alhamdulillah sampai saat ini saya mendapatkan order dari Wonosobo," ujarnya.

Yuni menjelaskan bahwa mukena yang ia produksi menggunakan bahan dasar batik tulis dan cap. Jelang ramadan tahun ini ia mulai kebanjiran order dari pelanggannya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan