Tak Kenal Lelah, Bupati Keliling Gotong Royong Bersama Masyarakat
12 April 2021 | Dilihat 273 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Seperti tak kenal lelah, Bupati Lumajang Thoriqul Haq berkeliling ke satu-persatu rumah warga yang terdampak gempa di Desa Kaliuling, Tempursari, Minggu (11/04/2021) sore. Bupati memantau langsung kondisi rumah warga sekaligus assesment sejauh mana dampak gempa.

Tak hanya sekedar keliling, bupati bersama para prajurit TNI juga turut membantu membersihkan sisa puing-puing reruntuhan bangunan. "Untuk pembersihan rumah yang rusak berat dan memastikan identifikasi rumah yang aman dan rumah yang tidak aman," ujarnya.

Bupati menyampaikan bahwa tahap awal ia memastikan pasokan logistik terutama kebutuhan pangan warga terdampak gempa tercukupi. Pendirian dapur umum, pendistribusian sembako menjadi langkah awal yang dilakukannya bersama petugas gabungan dan para relawan.

Gempa berkekuatan 6,7 SR dan terupdate menjadi 6,1 SR meluluhlantakkan 428 rumah di Desa Kaliuling, Tempursari. Warga yang tidak lagi bisa menghuni rumahnya kini terpaksa mengungsi di Posko Utama dan sebagian lainnya mendirikan tenda darurat di sekitar rumahnya.

Bupati meminta masyarakat bersabar menghadapi ujian ini. Rumah-rumah yang mengalami rusak ringan, sedang hingga berat nantinya akan dilaporkan kepada Gubernur agar dipastikan mendapatkan bantuan.

"Setelah menyelesaikan pembersihan rumah dan normalisasi kawasan sekitar bencana, berikutnya mempersiapkan rehabilitasi bangunan rumah dengan mekanisme yang sedang dimusyawarahkan," ujarnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan