Harapkan Percepatan Proses Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa
12 April 2021 | Dilihat 1172 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko
Foto : Dok. Diskominfo - LMJ

Didampingi Bupati Lumajang, Gubernur Jawa timur, Khofifah Indar Parawansah mengunjungi sejumlah lokasi terdampak gempa bumi yang berada di Kawasan Wisata Tumpak Sewu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Senin (12/4/2021).

Dalam kunjungannya tersebut, gubernur menemukan sejumlah masyarakat yang menempati kandang ternak sebagai tempat tinggal sementara. Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa akan ada bantuan perbaikan rumah dengan target selama 2 bulan.

"Hari ini memastikan SDM TNI-Polri untuk melakukan percepatan pembangunan rumah warga yang terdampak bencana, harapan Bapak Presiden ini selesai dalam waktu dua bulan," terangnya.

Sementara, untuk perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial akan langsung ditangani oleh Kementerian PUPR. Dirinya meminta semua elemen bersinergi untuk proses recovery dan rekonstruksi pasca bencana.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan bahwa saat ini pihaknya masih fokus melakukan penanganan pada wilayah paling terdampak. Dirinya juga telah meminta para pemangku wilayah untuk melakukan pendataan dan validasi kondisi rumah terdampak gempa.

"Kita masih memvalidasi mana rumah yang aman dan mana yang tidak aman, kita minta masyarakat untuk tidak masuk ke rumah yang kondisinya tidak aman," terangnya.

Selain itu, Bupati Lumajang juga menyampaikan bahwa pemerintah sedang melakukan upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, seperti halnya makanan, kesehatan dan tempat tinggal sementara yang layak. (Kominfo-Lmj/Fd).

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan