Pemkab dan PPT PPA Lumajang Berikan Trauma Healing bagi Korban Bencana Gempa
16 April 2021 | Dilihat 180 kali | Penulis Ardhi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Penyembuhan trauma (trauma healing) merupakan sebuah upaya yang sangat penting untuk diberikan, agar korban tetap tenang menghadapi memori kengerian saat terjadi bencana.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Terpadu, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPT-PPA) memberikan Trauma Healing bagi anak-anak korban bencana gempa, di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kamis (15/4/2021).

Saat kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (Disdalduk KB dan PP) Kabupaten Lumajang Luluk Azizah mengatakan, bahwa trauma healing dilakukan dalam rangka memberikan bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu korban bencana alam, khususnya anak-anak.

"Jadi, pasca gempa tentu menimbulkan rasa traumatik yang menyelimuti mental korban terdampak, apalagi pada mereka yang masih anak-anak, hal ini karena mereka belum mampu mengontrol emosi sepenuhnya," kata dia.

Ia menambahkan, bahwa pemberian trauma healing yang dilakukan di Dusun Kalirejo Desa Kaliuling diikuti oleh puluhan anak-anak dan upaya tersebut dilakukan agar dapat mengembalikan senyum dan keberanian korban pasca terjadi bencana alam, sehingga ke depannya masyarakat terdampak dapat kembali menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal.

"Jadi kita memulihkan psikis masyarakat, khususnya anak-anak agar sembuh dari trauma pasca bencana dan bisa kembali menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal," imbuhnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan