Ini Keunggulan Motor Ambulans Pemkab Lumajang
17 April 2021 | Dilihat 1085 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Untuk memastikan warga terdampak gempa dan para relawan terlayani fasilitas kesehatan, Pemerintah Kabupaten Lumajang menyiagakan motor ambulans di lokasi terdampak gempa di Balai Desa Kaliuling, Tempursari.

"Motor ambulans ini terus keliling ke lokasi bencana pasca gempa sejak hari pertama, untuk memastikan masyarakat yang ada di lokasi bencana dalam kondisi sehat," ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq seperti dikutip dalam media sosial pribadinya, Jum'at (16/04/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kab Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignasius menjelaskan bahwa motor ambulans merupakan motor yang dilengkapi peralatan medis sederhana untuk melayani pasien, utamanya pasien yang agak jauh dari fasilitas kesehatan dan tempatnya sulit terakses.

"Itu terintegrasi dengan pelayanan PSC 119 yang ada di Dinas Kesehatan, misalnya ada orang sakit yang tempatnya sulit dijangkau seperti masuk gang-gang sempit, itu petugas bisa menggunakan sepeda motor untuk menjangkau pasien," jelas dr. Bayu.

dr. Bayu menjelaskan, selama masa darurat gempa, motor ambulans disiagakan di Posko Desa Kaliuling untuk memberikan layanan kesehatan terhadap korban gempa dan para relawan. Selain terintegrasi dengan PSC 119, petugas kesehatan dilengkapi dengan handy talky (HT) untuk memudahkan komunikasi dengan para relawan seandainya dibutuhkan pelayanan kesehatan cepat di tempat yang sulit dijangkau kendaraan roda 4.

"Karena di daerah gempa di Tempursari banyak tempat yang sulit dijangkau roda 4, untuk percepatan pergerakan petugas kesehatan ambulans motor dipindah di lokasi gempa Kaliuling, karena medannya cukup berat di sana,"jelasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan