Wabup Buka Isbat Nikah 15 Pasangan di Wilayah Kecamatan Senduro
22 April 2021 | Dilihat 142 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) membuka kegiatan Isbat Nikah Massal bagi Muallaf dan Dhuafa di Kabupaten Lumajang, tepatnya di wilayah Kecamatan Senduro yang ditempatkan di Kantor Kepala Desa Sarikemuning Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Kamis (22/4/2021).

Dalam sambutannya, Bunda Indah menyampaikan, bahwa nikah siri itu secara agama sah, tetapi pihak perempuan tidak terlindungi dengan baik karena tidak tercatat di administrasi negara. Maka isbat yang dilakukan saat ini diharapkan dapat melindungi hak perempuan.

"Hari ini saya menghadiri sidang isbat nikah dari 15 pasangan. Tentu ini merupakan sebuah bukti nyata dari pelayanan yang baik dan luar biasa dari Pengadilan Agama Kabupaten Lumajang," ujar dia.

Ia menambahkan, bahwa atas nama pemerintah daerah, dirinya mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya karena isbat nikah dilakukan di lapangan tepatnya di Balai Desa Sarikemuning, sehingga Pengadilan Agama datang untuk lebih dekat melayani masyarakat.

"Mudah-mudahan ini sebagai sebuah bentuk pelayanan dalam birokrasi yang lebih baik, harapannya segera terwujud oleh Pengadilan Agama menuju wilayah birokrasi yang bersih dan melayani (WBBM). Tetap semangat melayani masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Lumajang Lailatul Arafah berharap, isbat nikah kali ini sebagai evaluasi bagi masyarakat agar membiasakan diri untuk hidup tertib, sehingga tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, karena pernikahan yang dilakukan sudah tercatat di administrasi negara," harapnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan