Akuntabilitas Kinerja Baik, Lumajang Dapat SAKIP Award dari Kemenpan-RB
22 April 2021 | Dilihat 126 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kabupaten Lumajang menerima penghargaan SAKIP Award dengan predikat B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kalau melihat nilainya akuntabilitas pemerintah Kabupaten Lumajang tetap bagus berdasarkan predikat yang kita raih yaitu B, tentu ini kesesuaian perencanaan, anggaran, penganggaran, realisasi, pelaksanaan kegiatannya masih selaras dengan apa yang kita rencanakan dalam RPJMD," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono saat Penyerahan dilakukan secara virtual melalui sambungan video conference, bertempat di Ruang Rapat Terbatas Kantor Bupati Lumajang, Kamis (22/4/2021).

Agus Triyono juga menyampaikan, bahwa SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggran, pelaporan kinerja yang selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan.

Lanjut dia, di tahun 2020, SAKIP maupun RB pemerintah provinsi, kabupaten/kota banyak mengalami penurunan nilai yang diterima, dan provinsi yang menerima kategori AA atau sangat memuaskan hanya Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta.

"Lumajang tahun 2020 kategori SAKIPnya tetap B, Reformasi Birokrasinya tetap kategori CC, tidak ada perubahan masih sama seperti tahun kemarin," kata dia.

Ia menambahkan, bahwa penurunan nilai maupun nilai yang stagnan disebabkan karena bencana Covid-19, dimana seluruh perencanaan, penganggaran di seluruh kabupaten/kota maupun provinsi difokuskan pada penanganan virus Covid-19, sehingga banyak kegiatan penunjang yang direncanakan tidak bisa dilaksanakan karena ada pergeseran anggaran.

Oleh karena itu, Agus Triyono berharap agar Perangkat Daerah tetap semangat dan konsisten untuk mengikuti tahapan-tahapan perencanaan, penganggaran hingga pelaksanaan kegiatan.

"Saya berharap kepada seluruh Perangkat Daerah tetap konsisten pada perencanaan dalam mendukung pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati selama 5 tahun ke depan, karena SAKIP adalah keselarasan perencanaan, penganggaran dan realisasinya," harapnya. Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan