Peringatan Otoda ke-25, Sebagai Momentum Evaluasi Perkembangan Kinerja Pemerintah Daerah
26 April 2021 | Dilihat 133 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-LMJ

Guna memperingati Hari Otonomi Daerah (Hari Otda) tahun ini, Pemerintah pusat menggelar acara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, yang diikuti oleh pemerintah; provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia secara virtual.

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin, saat membuka acara tersebut menyampaikan bahwa dirinya menilai Hari Otonomi Daerah saat ini, merupakan momentum yang tepat, bagi pemerintah untuk mengevaluasi perkembangan kinerja daerah otonom, dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintah, khususnya pemerintahan daerah di masa yang akan datang.

"Secara filosofi kebijakan Otonomi Daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintah dengan fokus pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengurus segala urusan tertentu secara mandiri," ungkapnya.

Dalam arahannya, Wakil Presiden RI, meminta kepada seluruh jajaran pemerintah daerah yang sebagai ujung tombak pemerintahan, agar selalu menjadi contoh dan pelopor dalam berinovasi untuk meningkatkan kwalitas layanan publik dan terus menegakkan protokol kesehatan kepada masyarakat serta menyukseskan program vaksinasi di Indonesia.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Indonesia, Muhammad Tito Karnavian, menjelaskan bahwa pemerintah telah menetapkan Tanggal 25 April, sebagai Hari Otonomi Daerah, hal itu sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1996 Tanggal 7 Februari 1996.

Mendagri menerangkan bahwa Hari Otda ke-25 ini, sebagai momentum menegaskan kembali akan pentingnya otonomi daerah, menurutnya keberagaman yang dibalut dalam bingkai otonomi daerah, menjadi modal besar untuk menciptakan Indonesia yang maju dan lebih sejahtera.

"Di hari otonomi daerah pada tahun ini mengusung tema, bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong-royong di masa pandemi COVID-19 untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit dan indonesia maju," terangnya.

Acara yang dilaksanakan secara virtual melalui video confernce itu, juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lumajang, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Senin (26/04/21) siang. (Kominfo-lmj/bob)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan