Bakorwil V Datang ke Lumajang Koordinasikan Penanganan Pasca Gempa
27 April 2021 | Dilihat 106 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Plt. Kepala Bakorwil V Jember, Benny Sampirwanto datang ke Lumajang untuk mengkoordinasikan penanganan pasca bencana gempa di Ruang Rapat Nararya Kirana Kantor Bupati Lumajang, Selasa (27/04/2021).

Kepala Bakorwil V didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah membahas apa yang telah dilakukan dan akan dilakukan dalam percepatan penanganan gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sekda menjelaskan bahwa Pemkab Lumajang berupaya melakukan penanganan kedaruratan secara maksimal. Namun ia menyadari bahwa dalam penanganan di lapangan banyak berbagai tantangan yang dihadapi.

Sekda melaporkan bahwa berbagai tantangan yang dihadapi di antaranya terkait verifikasi data, distribusi bantuan dan berbagai permasalahan lainnya. Terkait kerusakan rumah, berdasarkan verifikasi lapangan terbaru per 23 April 2021, total 3.361 rumah dilaporkan rusak, 618 rusak berat, 752 rusak sedang dan yang rusak ringan 1.991 rumah.

"Jumlah tersebut terus masih mengalami pergerakan," ujar Sekda.

Sekda menjelaskan bahwa Pemkab terus mendata kerusakan rumah akibat gempa. "Kami tugaskan tim verifikasi lapangan untuk memverifikasi kondisi riil di lapangan, kami tugaskan untuk memverifikasi dengan foto disertai lokasi," jelas Sekda.

Sementara itu Kepala Bakorwil V Jember, Benny Sampirwanto menjelaskan bahwa hasil pembahasan rapat koordinasi bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Lumajang nantinya akan dilaporkan kepada Gubernur Jawa Timur sebagai pembahasan lanjutan.

"Kami ingin tahu kondisi eksisting seperti apa, idealnya seperti apa, kalau ada disparitas yang kita tangani nanti apa yang bisa kita pecahkan bersama, saran dan solusi itu apa," jelasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan